Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    Ragam Jenis dan Fungsi Helm

    Hal merupakan salah satu item terpenting bagi seorang pengendara motor. Fungsinya, tentu saja untuk melindungi kepala jika terjadi kecelakaan. Selain itu, helm juga digunakan untuk melindungi pandangan dari berbagai hal yang bisa mengganggu mata saat mengendarai motor. Karena fungsinya yang sangat penting ini, produsen pembuat helm juga memproduksi berbagai jenis dan tipe helm. Tak hanya dibuat sesuai fungsinya, kini helm pun memiliki model yang modis sehingga membuat pengendara nyaman serta stylish saat mengenakannya. Yuk simak beberapa jenis helm yang populer di kalangan masyarakat!

    Helm full face

    Jenis helm satu ini memiliki bentuk yang menutup seluruh bagian kepala dan wajah. Sering dipakai oleh para pebalap MotoGP, helm jenis full face ini tentunya memiliki tingkat keamanan dan perlindungan yang tinggi. Sebab, seluruh bagian kepala dan wajah akan tertutup. Pelindung kepala satu ini sangat cocok digunakan oleh para pengendara motor yang melakukan perjalanan jauh karena nyaman digunakan. Namun, untuk pengendara jarak dekat, helm ini mungkin sedikit merepotkan karena dimensinya yang besar dan berat.

    Helm half face

    Jenis pelindung kepala satu ini merupakan jenis yang paling umum dikenakan oleh para pengendara motor. Helm bertipe half face ini memiliki banyak fungsi. Bisa digunakan untuk perjalanan jauh maupun jarak dekat. Tampilannya pun modis dan keren serta memiliki harga yang relatif lebih murah dibanding tipe full face. Fungsinya tentu saja untuk melindungi kepala saat berkendara. Tidak terlalu besar dan berat, jenis ini menjadi favorit para pengendara motor.

    Helm motocross

    Helm tipe ini merupakan salah satu yang sering dikenakan oleh para pebalap motocross namun, kini pelindungan kepala tipe ini juga sudah umum digunakan untuk sehari-sehari oleh para pengendara motor. Memiliki karakteristik seperti helm full face, yang membedakan hanyalah bentuk dan desainnya yang agak berbeda. Dari segi desain, helm motocross ini didesain sangat aman dari benturan kepala yang terjadi karena bagian depannya dibuat lebih panjang.

    Shory helmet

    Jenis pelindung kepala satu ini banyak digunakan oleh para pengendara moge alias motor gede. Ciri khasnya, jenis ini hanya melindungi bagian atas kepala tanpa ada tambahan kaca atau pelindung apapun untuk wajah. Karena bentuknya yang terbatas, helm ini tak memberikan proteksi maksimal untuk bagian kepala dan wajah saat berkendara. Untuk itu, penggunaannya dianjurkan hanya untuk jarak dekat saja ya!

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here