Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    Rawan Pencurian Data Pribadi, Ini Tips Belanja Online Agar Password Tidak Bocor

    Belakangan, dunia e-commerce Tanah Air sedang diramaikan dengan kasus kebocoran data pribadi para pengguna aplikasi belanja online. Belasan juta data pribadi berupa akun pengguna, nomor telepon, hingga alamat email para pengguna aplikasi belanja online tersebut bocor di media sosial.

    Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan, sebab aktivitas belanja online di Tanah Air sedang mengalami peningkatan karena adanya situasi pandemic virus covid-19 yang melanda. Masyarakat tak punya banyak pilihan untuk bisa beraktivitas dengan nyaman di luar rumah, alhasil belanja online menjadi salah satu aktivitas yang banyak digemari.

    Nah, bagi kamu yang suka belanja online, sangat perlu nih untuk tetap menjaga kerahasiaan data pribadi akun milikmu agar tidak bocor dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk melindungi data pribadi, inilah beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Yuk disimak!

    Biasakan mengganti password secara rutin

    Password salah satu elemen penting yang kamu butuhkan ketika akan log in ke akun pribadimu di berbagai aplikasi. Nah, password bersifat rahasia. Artinya, hanya kamu yang mengetahui apa password yang kamu gunakan. Untuk menghindari kebocoran data pribadi, kamu perlu mengganti password akunmu secara rutin, misalnya sebulan sekali.

    Hal ini tentu bertujuan untuk mencegah seseorang bisa masuk ke akun pribadimu tanpa diketahui. Selain rutin mengganti password, kamu juga perlu memperhatikan tingkat kemanan passwordmu ya! Gunakan kombinasi huruf kapital, huruf, dan angka agar tingkat keamanan password semakin tinggi dan susah untuk dibobol.

    Gunakan fitur verifikasi dua langkah (two-factor authentication

    Agar lebih aman, aktifkanlah fitur verifikasi dua langkah untuk log in ke akun aplikasi belanja online-mu. Hal ini bertujuan agar akunmu semakin aman karena diperlukan verifikasi lanjutan sebelum kamu benar-benar masuk ke akun.

    Hindari penggunaan wifi di tempat umum

    Ketika kamu berada di tempat umum, sebaiknya hindari penggunaan wifi gratis yang tersedia ketika kamu sedang membuka aplikasi belanja online. Hal ini dikarenakan, bisa saja ada hacker atau yang orang tak bertanggungjawab yang masuk ke akun online shopping-mu karena jaringan wifi tersebut telah diretas sebelumnya.

    Jangan sambungkan akun dengan kartu debit atau kredit secara langsung
    Hindari untuk menyambungkan secara langsung kartu kredit atau debit milikmu dengan akun belanja online. Sebab, hal ini sangat rawan dan bisa menjadi boomerang bagi kamu jika tidak hati-hati. Bisa saja akun bank-mu malah ikut bocor bersama dengan data akun pribadi. Lebih baik, manfaatkan fitur dompet digital jika ada, hal itu akan memuat aktivitas belanjamu lebih aman.

    Dilarang share kode OTP ke siapapun

    Kode OTP adalah kode yang biasanya kamu dapatkan ketika akan masuk dan log in ke akun belanja onlinemu. Kode ini akan dikirim ke nomor ponsel yang tertera pada akun pribadimu melalui pesan singkat (SMS). Kode OTP bersifat sangat rahasia dan kamu dilarang untuk memberitahukan kode ini ke siapapun ya!

    Gunakan password yang berbeda untuk setiap akun

    Jika kamu memiliki lebih dari satu akun belanja online, maka gunakanlah password yang berbeda satu dengan lainnya ya! Hal ini untuk menghindari semua akun-mu diretas.
    Jika hanya menggunakan satu password yang sama untuk berbagai akun, kemungkinan akunmu bisa diretas dengan mudah tentunya semakin mudah.

    Cek berkala apakah ada akun belanja onlinemu yang bocor

    Jika kamu merasa akun belanja onlinemu tidak aman, kamu bisa memanfaatkan fitur Firefox Monitor dengan mengklik tautan https://monitor.firefox.com. Tautan ini bisa membantumu mengetahui apakah semua akun belanja online dan media sosial milikmu bocor atau tidak ke publik.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    2 COMMENTS

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here