Saturday, September 25, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Review Film Dokumenter “The Social Dilemma”

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Media sosial menjadi salah satu platform digital yang sangat populer di berbagai kalangan masyarakat dunia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Mudahnya akses internet, dan perkembangan teknologi yang melahirkan perangkat canggih membuat masyarakat sangat mudah mengakses berbagai konten di media sosial. Namun sebenarnya, media sosial bagaikan pisau bermata dua yang juga memiliki sisi positif serta negatifnya.

Membahas mengenai dua sisi yang dimiliki media sosial, Netflix baru saja meluncurkan sebuah film dokumenter berjudul “The Socia Dilemma” pada 9 September 2020 lalu. Film ini mengupas berbagai dampak yang dimiliki oleh platform jejaring sosial ini dalam format dokumenter yang berkesan real. Disutradarai oleh Jeff Orlowski, “The Social Dilemma” ini membongkar sisi negatif yang dimiliki oleh jejaring sosial dari sudut pandang sang pembuat platform. Menarik kan?

Film dokumenter ini menghadirkan beberapa sesi wawancara dengan orang-orang yang turut andil dalam menciptakan beberapa platform media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram. Orang-orang di balik layar ini menyampaikan bagaimana media sosial bekerja sebenarnya. Bahkan, cara kerja media sosial saat ini membuat orang-orang yang membuatnya pun khawatir. Karena memang, dampak berkepanjangan yang terjadi dari penggunaan platform ini bisa merugikan banyak orang.

Mulai dari tersebarnya hoax atau informasi palsu yang menyesatkan seseorang, hingga pencurian data pribadi yang bisa saja merugikan seseorang secara finansial. Tak ada lagi perlindungan privasi di dalam bersosial media. Bahkan, film ini juga memperlihatkan bagaimana media sosial bekerja dan berdampak dalam isu kesehatan mental para penggunanya.

Dikutip dari The New York Times, sang sutradara, Jeff Orlowski menuangkan kegelisahan dan ketakutannya akan isu kesehatan mental dan juga pondasi demokrasi dari penggunaan platform media sosial yang semakin marak. Film ini juga diperjelas dengan adanya beberapa adegan ilustrasi dalam menggunakan jejaring sosial untuk membuat penonton lebih memahami pesan yang hendak disampaikan.

Penggambaran sisi buruk media sosial yang disampaikan oleh para pembuat platform ini seakan membuka mata kita bahwa internet dan media sosial memang tempat yang menyeramkan. Hal-hal yang ditampilkan banyak orang hanyalah permukaan saja, tanpa kita tahu apa yang terjadi dibaliknya. Media sosial memang bisa menjadi hiburan yang murah bagi masyarakat. Namun, penggunaannya harus tetap dibatasi dan diwaspadai karena berbagai hal negatif bisa saja merugikan.

Film dokumenter “The Social Dilemma” ini sukses mendapatkan penghargaan dalam kategori Impact Film Award dalam ajang Boulder Internasional Film Festival 2020. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sisi negatif media sosial dari sudut pandang para pembuatnya ini, kamu bisa menonton “The Social Dilemma” melalui aplikasi streaming film online Netflix ya! Selamat menonton.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Mengetahui Resi Palsu

Belanja online di marketplace kini menjadi kebiasaan masyarakat. Segala kebutuhan bisa kamu temukan di marketplace tanpa perlu keluar rumah,...

Vaksinasi Indonesia Pasti Bisa di Kota Tangerang

Gerakan Indonesia Pasti Bisa membuka sentra vaksinasi di Rawa Kucing, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang. Sentra vaksinasi ini...

Batasi Olahraga Saat Alami Covid-19

Olahraga adalah kegiatan yang baik dilakukan untuk menjaga stamina tubuh. Tetapi, ketika kamu didiagnosa Covid-19, sebaiknya jangan asal melakukan...

Populer Artikel