Thursday, August 18, 2022
25.7 C
Jakarta
More

    Senang Diawal, Susah Diakhir. Ini Dia Tips Bijak Gunakan Kartu Kredit!

    Bagi seorang karyawan, memiliki kartu kredit bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan karena bisa membantu memenuhi kebutuhan. Namun, kartu kredit juga bisa menjadi mimpi buruk bagi para pemiliknya jika digunakan tanpa berpikir panjang. Untuk terhindar dari mimpi buruk akibat penggunaan kartu kredit yang seenaknya, ada tips nih untuk kamu agar bijak dalam menggunakan akrtu kredit!

    Belanja sesuai rencana!

    Biasakan untuk selalu belanja sesuai dengan rencana yang telah disusun dan sesuai dengan kebutuhan. Kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit akan membuat banyak orang tergoda membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

    Hindari menarik uang tunai melalui kartu kredit

    Selain kemudahannya untuk pembayaran, kartu kredit juga bisa digunakan untuk menarik uang tunai di mesin ATM. Jika kamu punya kartu kredit, hindari utnuk menarik uang tunai melalui kartu kredit. Alasannya, penarikan uang tunai dari kartu kredit dikenai bunga 4-5% per bulan. Jika keuangan Anda hanya cukup untuk kebutuhan bulanan, tentu bunga ini akan membebani diri sendiri.

    Manfaatkan kartu kredit untuk berhemat

    Jika kamu adalah seorang karyawan yang sering bertugas ke laur kota, kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk memanfaatkan berbagai macam promo yang ditawarkan. Promo tersebut misalnya adalah fasilitas airport lounge reward dari kartu tersebut untuk makan gratis di restoran elit yang ada di bandara. Meski tak sepenuhnya gratis, kamu bisa tetap berhemat jika membeli makanan menggunakan kartu kredit. Namun ingat, penggunaan ini hanya untuk situasi tertentu saja ya. Jangan sampai kamu menjadi konsumtif!

    Selalu periksa tagihan dengan cermat

    Jika kamu menggunakan kartu kredit untuk belanja, maka kamu akan menerima tagihan yang harus dibayarkan setiap akhir bulan. Periksalah tagihan tersebut dengan cermat, apakah ada transaksi yang tidak kamu lakukan. Jika ternyata ada transaksi yang kamu lakukan, segera telepon perusahaan kartu kredit untuk melakukan komplen.

    Usahakan bayar penuh tagihan

    Upayakan membayar penuh tagihan bulanan Anda sebelum jatuh tempo. Ini akan lebih baik daripada mencicilnya. Selain itu, Anda juga bisa mengatur keuangan Anda untuk keperluan lain (misalnya liburan atau biaya sekolah Anda) tanpa pusing harus membayar cicilan bulanan kartu kredit.

    Simpan kartu kredit jika tidak diperlukan

    Gunakan kartu kredit saat dalam keadaan darurat dan keadaan tertentu saja. Jika sedang tidak digunakan, simpanlah kartu kredit di rumah agar kamu terhindar dari aktivitas belanja tanpa rancana.

    Batasi kartu kredit maksimal 2 buah

    Jika Anda sudah memiliki kartu kredit pertama dengan transaksi dan pembayaran lancar, Anda akan mendapatkan tawaran kartu kredit lagi dari penerbit yang sama atau penerbit kartu kredit lain. Jika Anda membutuhkannya, batasi jumlah kartu kredit Anda maksimal dua. Kenapa? Karena mempunyai banyak akrtu kredit itu berarti membuat iuran tahunan dan biaya lainnya bertambah.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here