Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    Sengitnya Persaingan Paylater di Platform E-Commerce

    Istilah Paylater mungkin sudah tak asing bagi masyarakat pengguna platform e-commerce. Paylater merupakan fitur kredit limit atau pinjaman uang tanpa jaminan yang dapat dipakai pengguna dari aplikasi tertentu. Fitur ini memungkinkan para penggunanya untuk bisa membeli produk tertentu dengan dana talangan yang bisa dibayarkan belakangan. Hampir sama dengan sistem kartu kredit yang akan mengeluarkan jumlah tagihan setelah digunakan.

    Kemudahan yang ditawarkan oleh Paylater membuat fitur ini semakin banyak digunakan oleh masyarakat. Ditambah lagi, kini platform e-commerce yang semakin banyak bermunculan juga membawa fitur Paylater ini ke dalam aplikasi masing-masing. Hal ini membuat persaingan di bisnis Paylater semakin ketat.

    Dilansir dari Insight Kontann, beberapa perusahaan teknologi finansial yang memiliki bisnis Paylater mengatakan bahwa pengguna fitur ini melonjak naik hingga ke angka 42%. Selain diakui oleh perusahaan teknologi finansial, angka pengguna Paylater yang semakin meningkat ini juga diakui oleh perusahaan transportasi yang juga memiliki fitur Paylater. Pertumbuhan pengguna Payltaer ini cukup signifikan yakni mencapai 14 kali lipat di tahun 2019 lalu.

    Fitur Paylater ini menjadi tren yang diminati oleh kalangan milenia. Kemudahan yang ditawarkan perusahaan untuk memfasilitasi lebih banyak pengguna di e-commerce, terutama selama masa pandemi. Saat pandemi berlangsung ini juga, transaksi para pengguna fitur Paylater ini meningkat. Peningkatan ini juga diakui oleh salah satu perusahaan teknologi finansial yang berpartner dengan e-commerce. Peningkatan yang dialami di platform e-commerce mencapai 110%. Angka ini jauh menigkat dibandingkan selama pandemi virus covid-19 melanda.

    Karena peningkatan signifikan tersebut, kedepannya, Indonesia diprediksi akan memiliki lebih banyak lagi e-commerce yang juga menghadirkan fitur Paylater ini untuk semakin mempermudah para penggunanya. Hadirnya fitur Paylater ini juga diprediksi bisa menjadi saingan bagi bank atau prinsipal yang menerbitkan kartu kredit. Terlebih, pengguna bisa menikmati fitur Paylater dengan sangat mudah.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here