Saturday, December 4, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

SiCepat Ekspres Sharing Bersama Esmart IKM Dalam Webinar “Bangga Buatan Indonesia”

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

SiCepat Ekspres sebagai salah satu perusahaan bisnis yang bergerak dalam sektor logistik dan pengiriman barang merupakan perusahaan lokal asli Indonesia yang telah tumbuh dan berkembang sejak tahun 2014. Perkembangan yang dialami oleh SiCepat sejak 2014 hingga saat ini tentu tak terlepas dari peran para IKM (Industri Kecil Menengah) yang menjalankan bisnisnya secara online melalui e-commerce dan social commerce. Meningkatnya bisnis online dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini memberikan dampak yang sangat signifikan bagi para pelaku industri jasa pengiriman, salah satunya SiCepat.

Karena memiliki hubungan yang sangat erat dengan para IKM dan pengusaha online shop, SiCepat tak segan untuk saling berinteraksi dan berbagi informasi melalui sebuah webinar yang digelar oleh eSmart IKM Kementerian Perindustrian RI bertajuk “Bangga Buatan Indonesia” yang membahas mengenai pengemasan dan pengiriman produk.

Webinar yang diselenggarakan pada 10 Juni 2020 lalu ini dilangsungkan secara online melalui aplikasi Zoom dan juga live streaming di kanal youtube milik Kementerian Perindustrian RI. Tak hanya SiCepat Ekspres saja yang berbagi informasi dan sharing ilmu, webinar ini juga menghadirkan Arif Hidayat yakni pengusaha muda berbakat owner dari Live Haf, salah satu clothing line lokal asli Indonesia dan juga Sri Yunianti selaku Direktur IKM Pangan, Barang dari Kayu, dan Furnitur.

Dalam webinar “Bangga Buatan Indonesia” ini, SiCepat diwakili oleh Wiwin Dewi Herawati selaku Chief Marketing Officer SiCepat Ekspres yang telah berkecimpung dalam dunia marketing kurang lebih selama 15 tahun. Dipandu oleh Muhammad Setiawan Kusmoyono atau yang akrab disapa Keli, dalam webinar ini SiCepat Ekspres membagikan kisah perjalanan bagaimana SiCepat bisa berkembang pesat dalam kurun waktu 6 tahun kebelakang serta berbagi tips terkait pengemasan dan pengiriman produk.

Wiwin menjelaskan bahwa perkembangan pesat yang dialami SiCepat Ekspres ini merupakan dampak positif dari meningkatkan iklim digital yang ada di Indonesia. Iklim digital ini melahirkan berbagai culture dan kebiasaan baru di ranah online, salah satunya gencarnya belanja online. Kemunculan berbagai e-commerce juga menjadi faktor penting yang melandasi berjayanya bisnis logistik beberapa tahun belakangan. SiCepat sendiri merupakan perusahaan asli Indonesia yang juga lahir karena adanya e-commerce. Hingga saat ini, SiCepat telah bekerja sama dengan lebih dari 1.300.000 seller online shop yang tergabung dalam berbagai platform marketplace dan juga social commerce.

Dalam menjalankan bisnisnya, Wiwin menyampaikan bahwa SiCepat Ekspres sangat memperhatikan hal-hal terkait customer management. Dimana, SiCepat berusaha secara maksimal untuk bisa memiliki hubungan yang erat dengan para seller yang telah bekerja sama dan memilih SiCepat sebagai jasa ekspedisi dalam mengantarkan produk-produknya ke customer.

Dalam menjaga customer management ini, SiCepat juga melahirkan program yang secara khusus dibuat untuk melayani customer yang telah bekerja sama dengan SiCepat melalui Loyalty Program.
“Loyalty Program ini sendiri kami buat untuk memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada customer, dalam hal ini para seller online shop yang telah setia dan loyak menggunakan jasa SiCepat selama bertahun-tahun sehingga lebih terbantu dan mudah dalam hal pengiriman. Berbagai program dengan benefit yang menguntungkan seller kami tawarkan mulai dari diskon ongkos kirim, hingga fasilitas promo produk seperti pembuatan foto produk dan video komersial,” ujar Wiwin.

Webinar “Bangga Buatan Indonesia” ini juga membahas perkembangan bisnis online, khususnya dalam bidang Food and Baverages yang semakin berkembang saat pandemi covid-19 melanda Indonesia. Masyarakat berbondong-bondong melakukan belanja online untuk kebutuhan sehari-hari mulai dari sembako hingga makanan siap saji salah satunya frozen food. Bisnis frozen food dan minuman mengalami peningkatan yang sangat drastis.

Dalam hal ini, SiCepat sebagai salah satu perusahaan ekspedisi menyampaikan meski belum memiliki service same day atau pengiriman kilat di hari yang sama, pihaknya sedang dalam proses diskusi agar same day service ini bisa dihadirkan oleh SiCepat dalam beberapa waktu kedepan. Wiwin menyebutkan, SiCepat masih mempersiapkan segala infrastruktur dan fasilitas yang dibutuhkan untuk mendukung suksesnya layanan same day service yang akan dihadirkan. Sehingga, pelayanan yang diberikanpun memuaskan tanpa ada kendala apapun.

Tak hanya itu, SiCepat juga membagikan tips bagi para online seller khususnya yang bergerak dalam bisnis frozen food untuk lebih memperhatikan pengemasan produk sebelum dikirim. Wiwin menyebutkan, perlu adanya komunikasi antara online seller dengann perusahaan ekspedisi terkait pengemasan barang agar tidak rusak. Wiwin menghimbau, seller sebaiknya memilik jasa ekspedisi yang memiliki fasilitas freezer agar produk forzen foodnya bisa bertahan lama dalam proses pengiriman. Pengemasan yang baik dengan membungkus frozen food menggunakan plastik dan buble wrap juga perlu diperhatikan agar paket bisa diterima oleh pelanggan dengan aman.

Untuk kamu yang belum sempat menyaksikan webinar “Bangga Buatan Indonesia” yang digelar oleh eSmart IKM Kementerian Perindustrian ini, kamu bisa menyaksikan tayangan ulangnya yang telah diunggah di youtube Kementerian Perindustrian RI ya! Semoga sharing session ini bisa bermanfaat untukmu!

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Meriahkan Natal dengan Inspirasi Outfit Ini!

Perayaan natal identik dengan warna merah. Persiapan pohon natal, ornamen, dan hiasan rumah tak luput dari perhatian setiap tahunnya....

Adu Eksis dengan Christmas Tiktok Dance Challenge

Halo, Sahabat SiCepat! Kabar baik datang dari SiCepat untuk kamu dan teman-teman yang menyukai tiktok dance. SiCepat mengadakan event...

Intip Manfaat Copywriting untuk Boost Sales Produk

Sudah mengenal copywriting? Copywriting merupakan suatu metode pembuatan materi dengan tujuan untuk menarik audiens agar melakukan hal yang kita...

Populer Artikel