Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tanda-tanda Toxic Relationship & Cara Mengatasinya

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tanda-tanda toxic relationship mungkin akan sulit ditemukan ketika kamu baru menjalani hubungan dengan pasangan. Seiring berjalannya waktu, mulainya timbul konflik-konflik di antara kamu dan pasangan. Dari konflik-konflik yang terjadi, munculah sifat masing-masing dari pasangan dan bagaimana cara pasangan dalam menyelesaikan masalah. 

Bagaimanapun juga, memiliki hubungan yang sehat adalah impian bagi setiap pasangan yang baik sudah menikah maupun belum menikah. Namun, bagaimana jika pasanganmu mulai bersikap tidak wajar dan hubungan kalian terasa tidak nyaman bahkan bisa dibilang tidak sehat jika terus dilanjutkan? Tanda-tanda toxic relationship tidak selalu dari sikap pasangan yang kasar, berikut tanda-tanda kamu berada di dalam hubungan yang beracun!

Merasa tidak nyaman di dekatnya 

Sebagai manusia, wajar saja apabila kita terkadang merasa tidak nyaman dengan seseorang bahkan dengan orang yang kita sayangi, termasuk anggota keluarga sekalipun. Namun, perlu dipertanyakan jika rasa nyaman itu terjadi berulang. Kamu mulai merasakan energimu terkuras, tetapi kamu tidak dihargai. Kehadirannya justru membuatmu takut atau rasanya ingin menghindar saja daripada timbul pertengkaran. 

Tidak terbuka dengan pasangan

Kamu mulai menutup-nutupi perasaanmu yang sebenarnya atau tidak ada lagi rasa ingin berbagi cerita. Hal itu bisa terjadi ketika kamu pernah merasakan tidak didukung olehnya, pernah direndahkan, kesalahpahaman, bahkan kamu pernah diserang karena ungkapan atau ceritamu yang membuatnya tidak suka.

Kecurigaan yang berlebihan

Kepercayaan di antara kalian semakin menurun, bahkan sudah tidak ada lagi rasa saling percaya. Akibatnya, kalian saling curiga dengan apapun yang kalian lakukan ketika sedang tidak bersama pasangan. 

Muncul rasa ingin balas dendam 

Ketika kamu disakiti pasangan atau sebaliknya, kalian jadi sulit memaafkan bahkan muncul rasa ingin membalas perbuatannya. Artinya, hubungan kalian sudah tidak dilandaskan kasih sayang karena ada niatan jahat untuk membalas perbuatan buruk. 

Photo by Kristina Litvjak (Unsplash.com)

Mencegah terjadinya toxic relationship sudah harus kamu bicarakan dengan pasangan sejak awal hubungan. Kalian perlu berkomitmen untuk menjaga hubungan kalian agar terus langgeng dan menjalin hubungan yang sehat. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar memiliki hubungan yang sehat dengan pasangan, yaitu:

  1. Kalian harus tetap terbuka dalam menyampaikan ekspektasi yang kalian inginkan dalam hubungan tersebut. 
  2. Dalam suatu hubungan, kalian harus berani berkata “tidak” ketika pasangan sudah mulai meminta bahkan menuntut hal yang mungkin kurang disukai. 
  3. Kalian tetap teguh memegang nilai diri masing-masing. Jangan sampai kamu kehilangan jati diri ketika berhubungan dengan seseorang. 
  4. Saling menghargai, mendukung, dan memberikan kepercayaan. 
  5. Kalian harus membangun komunikasi dua arah yang seimbang, memahami etika dan tidak mengeluarkan kata-kata yang merendahkan ketika sedang berkonflik. Kalian juga perlu menentukan kapan kalian bertemu, berkomunikasi, dan kapan kalian memiliki waktu untuk sendiri, keluarga, atau teman-teman. 

Teruntuk kamu yang pernah atau dirasa sedang berada di dalam toxic relationship, sebaiknya selesaikan permasalahan tersebut secara baik-baik, bahkan kamu bisa meminta bantuan kepada seseorang yang profesional, seperti psikolog hubungan. 

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel