Thursday, August 18, 2022
25.7 C
Jakarta
More

    Terapkan 3S ‘Santai, Serius, dan Selesai’ dalam Bekerja, Jadi Cara Hendra Gunawan Meraih Kesuksesan

    Hai, rekan-rekan SiCepat! Apa yang terbesit dalam pikiran kamu saat mendengar kata Operasional? Jika dilihat dari namanya, tentu sudah jelas kalau Operasional akan berhubungan dengan bekerja mengurusi semua kegiatan dalam perusahaan.

    Di SiCepat Ekspres, segala sesuatu yang berhubungan dengan proses pengambilan paket dan pengantaran paket ke alamat tujuan ini dijalankan oleh divisi operasional. Divisi ini terbagi menjadi dua fokus yaitu pengantaran dan pick up barang.

    Melihat peran divisi operasional yang begitu penting, tentu dibaliknya terdapat orang-orang hebat yang bertanggung jawab salah satunya yaitu Hendra Gunawan selaku Last Mile Junior Manager SiCepat Ekspres.

    Pria yang akrab disapa Hendra ini lahir pada tanggal 8 Desember 1967 yang berlokasi di DKI Jakarta dan memiliki 5 orang bersaudara. Semasa sekolah, Ia merupakan seseorang yang biasa saja namun memiliki prestasi yang luar biasa. 

    Menginjak Sekolah Menengah Atas (SMA), dirinya mendapatkan beasiswa Supersemar berkat prestasinya semasa sekolah. Salah satu keahlian yang dimiliki yaitu kemampuan dalam menghafal khususnya pada mata pelajaran sejarah. Bahkan saking handal dalam menghafal, Hendra mampu menjelaskan kembali mengenai sejarah yang telah dipelajarinya apabila ada seseorang yang bertanya padanya. 

    Terlahir sebagai sosok yang pantang menyerah, setelah lulus dari SMA Hendra meniti karirnya mulai dari nol yaitu sebagai supir kontraktor. Kesehariannya Ia bekerja membawa barang-barang serta mengantarkan atasannya setiap hari.  

    Ia mengaku saat SMA sempat terlintas berkeinginan untuk bekerja di gedung-gedung tinggi dengan gaji yang besar. Namun pikiran tersebut langsung berubah saat ia mendapatkan gaji pertama dari pekerjaannya. Kala itu yang terpenting baginya adalah bagaimana cara mendapatkan uang dengan pekerjaan yang halal untuk menghidupi keluarganya.

    Baca juga: Optimalkan Pembayaran Cashless, Ini Dia Peran Finance Billing & Collection SiCepat Ekspres

    Setelahnya, Hendra pun mencari peluang kerja lainnya dengan profesi sebagai Senior Supervisor di salah satu perusahaan developer terkemuka di Jakarta. Ia pun membawahi beberapa staf yang terdiri dari 40 orang saat itu. 

    Dalam meniti karir, Hendra mempunyai prinsip yang Ia pegang sejak semasa sekolah yaitu ‘3S: Santai, Serius, dan Selesai”. Pertama, santai yang dimaksud yaitu dirinya bisa menerima apapun pekerjaan yang didapatkan dan menjalankannya dengan ikhlas. 

    Kemudian serius, yaitu ketika mendapatkan pekerjaan itu harus dilakukan dengan bertanggung jawab. Dan selesai, yakni harus memiliki target kapan pekerjaan itu akan diselesaikan. Prinsip tersebut selalu diterapkan dalam kehidupannya sehari-hari bahkan menjadikannya sebagai salah satu karyawan terbaik di perusahaan tersebut setelah 1 tahun bekerja. 

    Namun perjalanan karir Hendra terbilang tidaklah mudah dan membutuhkan banyak proses. Salah satunya adalah ketika dirinya bergabung dengan SiCepat di tahun 2014. Bermula melihat info lowongan kerja di koran Pos Kota, Ia pun mencoba melamar untuk posisi kurir dengan mendatangi gerai SiCepat dan langsung diterima saat itu.

    Dengan semangat pantang menyerah, Hendra pun kembali merintis karirnya dari bawah dan menerimanya dengan ikhlas. Kegigihannya pun membuahkan hasil yang bagus, selama menjadi kurir selama 4 bulan dirinya banyak memberikan perubahan bagi gerai SiCepat.

    Salah satunya adalah menghadirkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sebelumnya tidak ada di gerai tersebut. Hal ini menjadi suntikan positif bagi Hendra karena dipercaya sebagai kepala divisi kurir.

    Tidak sampai disitu, 6 bulan berikutnya karir Hendra pun naik dengan menempatkan posisi untuk mengatur operasional pagi dan malam. Posisi ini tentu tidak mudah baginya dan banyak mengorbankan waktu yang mengharuskan datang lebih pagi dan pulang tengah malam. 

    Kemudian setahun setelahnya, Hendra kembali dipercaya untuk memegang operasional pagi dan malam untuk wilayah seluruh DKI Jakarta. Lambat laun hasil kerja keras Hendra pun mulai menunjukkan hasil hingga membawanya ke posisi saat ini sebagai Last Mile Junior Manager. 

    Kesuksesannya dalam meniti karir tidak terlepas dari prinsip 3S yang Ia gunakan serta diimplementasikan kepada bawahannya. Menurutnya, saat seorang pemimpin ingin memberi aturan kepada bawahan tentu harus dilakukan kepada dirinya sendiri terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar contoh yang diberikan sesuai dengan keadaan dan dilakukan oleh atasannya.

    Selain sikap pantang menyerah, Hendra juga selalu ingat wejangan dari orang tuanya untuk tidak meninggalkan  solat walaupun pekerjaan sedang sibuk. Nasihat tersebut juga menjadi salah satu faktor keberhasilan Hendra dalam meniti karir dari nol.

    “Saya percaya dengan terus bekerja keras dan tidak meninggalkan ibadah menjadi salah satu faktor utama agar hidup bisa seimbang. Semua usaha yang saya lakukan memang tidak terlepas dari berbagai tantangan dan semua saya mulai dari nol. Dan alhamdulillah bisa berbuah manis sampai saat ini,” kata Hendra.

    Segala tantangan yang Hendra lewati menjadi pelajaran sendiri baginya untuk tetap bersikap mawas diri dan tetap menjadi pribadi yang tidak pemilih untuk bersosialisasi dengan siapapun.

    Baca juga: IT Leader Journey, Membawa SiCepat Terdepan Dalam Teknologi

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here