Thursday, August 18, 2022
25.7 C
Jakarta
More

    Tiga Genre Musik yang Paling Digemari Orang Indonesia, Mulai dari Pop hingga RnB

    Kamu pasti pernah mendengar musik dangdut disebut sebagai ‘the music of my country’ di Indonesia. Namun nyatanya, genre musik yang diadaptasi dari budaya Melayu ini bukanlah yang paling disukai oleh orang Indonesia. Lalu genre musik apa saja yang paling disukai dan sering didengarkan oleh orang Indonesia?

    Christo Putra, Head of Operations SoundOn Indonesia mengatakan, dari berbagai genre musik yang ada di dunia, ada tiga kategori teratas yang paling digemari masyarakat Indonesia untuk didengarkan secara berulang. Nah, berikut tiga genre yang paling sering didengarkan yaitu;

    Genre POP

    Berdasarkan data yang dihimpun dari TikTok dan Resso, Christo menjelaskan bahwa pop menjadi salah satu genre yang paling digemari di Indonesia. Lagu-lagu pop yang disukai pun biasanya berhubungan mengenai percintaan atau relasi yang banyak dialami. Sehingga tidak perlu heran jika lagu pop bernuansa galau laris manis di pasar musik Indonesia.

    Baca juga: Tips Kreator Konten Mendapatkan Komunitas Di JOOX ROOMS

    Genre Elektronik

    Photo by Mali Maeder from Pexels

    Genre yang satu ini mengandalkan instrument digital dalam pembuatannya itu nampaknya tetap disukai masyarakat Indonesia. Biasanya bertempo cepat, musik elektronik memang menyenangkan untuk didengarkan saat ingin menaikkan suasana menjadi lebih ceria di berbagai aktivitas sehari-hari.

    Genre Rnb dan Hiphop

    Photo by Pvproductions from Freepik

    Genre yang terakhir ini semakin digemari karena banyaknya musisi Indonesia yang muncul membawakan lagu-lagu Rnb atau hiphop. Dari genre Hiphop misalnya, Indonesia kini memiliki banyak musisi bertalenta seperti Ramenvgrl, Laze, hingga Matter Moz. Sementara dari genre RnB juga cukup banyak musisi yang menekuninya seperti Rich Brian dan NIKI.

    Sebagai informasi, pada sektor musik digital di Indonesia berdasarkan riset Statista secara keseluruhan bisa mencapai 251 juta dolar AS atau setara dengan Rp3.2 triliun pada 2022. Dengan pemasukan paling banyak diperkirakan berasal dari layanan digital streaming sebesar 263 juta dolar AS.

    Tentunya potensi tersebut, tidak heran akan semakin banyak musisi baru bermunculan yang hadir dengan genre music yang lebih beragam untuk menghibur dan menemani masyarakat Indonesia.

    Nyatanya, mendengarkan musik tentu hampir semua orang melakukannya saat ini. Tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan mood, ternyata musik memiliki banyak manfaat lainnya bagi para peminatnya.

    Jadi, di antara ketiga genre musik di atas, mana yang menjadi favoritmu?

    Baca juga: Kenalan dengan Personal Audio Enthusiast di SiCepat Ekspres

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here