Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tips Bersihkan Handphone Dari Virus Yang Menempel

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tahukah kamu bahwa tangan kita merupakan tempat dimana virus dan bakteri sangat mudah menempel? Karena itu, di tengah kondisi pandemic virus corona yang saat ini sedang dialami oleh bangsa Indonesia, menjaga kebersihan tangan menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Namun, apakah dengan sering mencuci tangan kita bisa terjamin terhindar dari bahaya penularan? Jawabannya tentu saja tidak.

Tak hanya tangan saja yang perlu dijaga kebersihannya, tapi benda-benda yang selalu kita bawa dan yang sering kita gunakan juga harus sering dibersihkan untuk menghindari virus dan bakteri untuk bersemayam, salah satunya adalah Handphone. Nah bagaimana sih tips dan cara yang tepat untuk membersihkan handphone agar terbebas dari virus dan bakteri? Ini dia caranya!

Biasakan Melepas Baterai

Idealnya, ketika kita akan membersihkan handphone usahakan untuk melepas baterainya lebih dulu. Jika memang ponsel dan baterai menyatu dan tidak bisa dilepas, paling tidak kamu harus mematikannya dayanya lebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar ketika membersihkan, tidak ada tombol yang terklik secara tidak sengaja.

Lepas casing dan cover

Kemudian, jangan hanya membersihkan bagian luarny saja. Lepaslah lebih dulu casing dan cover handphone dan bersihkan setiap sudut dan celah. Jangan diremehkan, justru tempat-tempat tersembunyi seperti itulah yang menjadi tempat favorit bagi virus dan bakteri untuk menempel.

Gunakan kain lembut untuk mengelap touchscreen

Untuk handphone yang berjenis touchscreen, sebaiknya kita menggunakan kain lap yang memiliki material lembut agar tidak mencelakai kondisi layar. Yang paling direkomendasikan adalah kain jenis microfiber seperti kain pembersih kacamata dengan permukaan lembut sehingga bisa dipakai dan aman untuk membersihkan bagian layar sentuh handphone.

Jangan gunakan air biasa atau sembarang cairan

Untuk membersihkan handphone pastinya kita memerlukan cairan pembersih yang bisa membasmi virus dan bakteri. Namun, jangan sekali-kali membersihkan handphone menggunakan air biasa atau sembarang cairan ya! Salah menggunakan cairan bisa menyebabkan lapisan layar touchscreen menjadi tidak sensitive lagi atau justru membuat body handphone menjadi rusak. Gunakan cairan pembersih khusus gadget yang biasa dibeli di toko gadet untuk membersihkan gadget milikmu ya!

Gunakan alkohol hanya untuk casing plastic dan keyboard

Alkohol memang efektif untuk membasmi bakteri dan virus. Namun, kamu tidak boleh sembarangan untuk membersihkan handphone dengan menggunakan alcohol. Cukup gunakan alcohol untuk membersihkan bagian casing luar dan keyboard handphonemu. Jangan gunakan cairan alcohol untuk membersihkan bagian layar touchscreen karena bisa membuat sensitifitas layar berkurang.

Nah, yuk mulai membersihkan handphone dan perangkat gadget yang sering kamu gunakan dengan cara yang tepat agar kamu bisa terhindar dari paparan virus dan bakteri, dan juga bisa menjaga perangkat gadgetmu tetap dalam keadaan bersih.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel