Sunday, September 25, 2022
35 C
Jakarta
More

    Tips Cara Merawat Sepatu Ketika Musim Hujan

    Saat musim hujan tiba, udara otomatis akan menjadi lembab, jalanan tergenang air, dan tak jarang kamu juga bisa terkena cipratan dari kendaraan yang lewat. Hal itu tentunya bukan sesuatu yang menyenangkan bukan? Terlebih untuk kamu yang mengenakan sepatu di saat musim hujan, pasti merasa kesal jika tiba-tiba turun hujan dan membuat sepatumu basah dan kotor.

    Karena itu, majalah SiGesit ingin berbagi tips jitu gimana sih caranya membersihkan sepatu yang basah dan kotor karena terkena genangan air dan cipratan kendaraan? Yuk disimak!

    Segera Bersihkan

    Jika sepatumu basah dan kotor karena terkena lumpur atau cipratan air hujan di jalan, segera bersihkan ya! Jangan menunggu noda kotor tersebut hingga kering karena akan semakin sulit dibersihkan lho! Sebaiknya, segera bersihkan noda di sepatumu menggunakan shampoo khusus sepatu, sabun, atau cairan pembersih lainnya yang cocok untuk sepatu. Oiya! Jangan lupa sesuaikan shampoo yang kamu gunakan dengan bahan sepatumu agar tampilan sepatumu tetap baik dan tidak rusak.

    Gunakan Baking Soda/ Lemon/ Minyak Essensial Untuk Menghilangkan Bau

    pixabay

    Sepatu yang basah dan lembab jika dibiarkan akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Untuk mengusir bau tidak sedap yang ditimbulkan, kamu bisa menggunakan baking soda dan menaruhnya di atas saringan kertas dan campurkan dengan minyak essensial. Kemudian ikat dan diamkan di dalam sepatu selama satu malam. Atau kamu bisa juga menggunakan kulit lemon untuk mengurangi bau tak sedap dari sepatu yang lembab. Semprotkan juga alcohol agar cepat mengering.

    Jemur dan Keringkan

    Cara paling simple dan efektif untuk mengatasi sepatu yang basah karena hujan adalah segera menjemur dan mengeringkannya di bawah sinar matahari. Namun jika cuaca sedang tidak mendukung dan tidak ada matahari, kamu bisa mengeringkan sepatu dengan bantuan alat seperti hair dryer.

    Simpan sepatu di tempat yang tidak lembab

    Jika sudah dibersihkan, jangan lupa untuk menyimpan sepatu di tempat yang tidak lembab. Tempat yang lembab bisa membuat sepatu berjamur dan berbau. Masukkan silica gel untuk menhindari bau dan jamur yang tumbuh di sepatu.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here