Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tips Hemat Bahan Bakar untuk Motor

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bagi kamu para pengendara motor, menghemat bahan bakar tentunya menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Agar sepeda motor milikmu tak boros bahan bakar, kamu tidak boleh mengendarainya dengan asal-asalan guys. Beberapa hal harus diperhatikan agar bahan motormu tak cepat habis. Ini dia 4 tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat bahan bakar.

Panaskan mesin 3-5 menit saja

Ketika kamu akan menggunakan sepeda motor, jangan lupa untuk selalu memanaskan mesinnya terlebih dahulu ya! Tak perlu lama-lama, cukup panaskan motor sekitar 3-5 menit saja. Waktu tersebut sudah cukup untuk membuat oli bersikulasi ke semua bagian mesin. Sehingga, kamu tidak perlu terlalu lama memanaskan kendaraan karena hal tersebut bukan hal yang baik dilakukan ya!

Jangan “main gas”

Saat berkendara, kurangi kebiasaan “main gas” ya, guys! Bermain gas saat berkendara ini bisa berakibat buruk bagi mesin kendaraanmu. Untuk menghemat bahan bakar, cukup lakukan stop and go buka tutup gas dengan halus.

Jangan biarkan ban kempis

Seringkali ketika kondisi ban kempis, kita terlalu malas untuk menambah tekanannya kan? Ternyata, hal ini bisa berakibat pada borosnya bahan bakar lho. Pasalnya, tekanan ban yang kurang bisa menyedot bahan bakar yang lebih banyak dari yang seharusnya. Saat kempes, tapak ban yang menempel pada permukaan jalan menjadi lebih banyak sehingga menimbulkan tahanan lebih besar pula digerakkan. Hal tersebut otomatis berpengaruh pada semakin besarnya daya atau tenaga yang dibutuhkan.

Matikan mesin motor saat berhenti

Untuk kamu yang memiliki sepeda motor tanpa teknologi idling stop system, sebaiknya selalu matikan mesin saat kendaraan berhenti berjalan seperti misalnya saat berhenti di lampu merah atau mengantri di pom bensin. Tujuannya tentu adalah supaya bahan bakar kendaraan tak terbuang secara percuma.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel