Thursday, December 1, 2022
31.1 C
Jakarta
More

    Tips Memilih Jenis Earphone Sesuai Kebutuhan

    Earphone kini menjadi item yang sangat penting bagi sebagian masyarakat yang gemar mendengarkan musik. Terlebih, saat sedang berada di tempat umum di mana kita membutuhkan hiburan agar tidak stres saat berada di keramaian. Benda satu ini memiliki bentuk yang kecil dan ringkas sehingga mudah untuk dibawa ke mana-mana.

    Jenis dan bentuknya pun beragam lho! Apa saja sih jenisnya? Nah, inilah 4 jenis earphone sesuai kebutuhan yang bisa kamu pilih ya!

    Earphone bluetooth

    Untuk kamu yang merasa terganggu dengan kabel yang menjuntai panjang, kamu bisa memilih jenis earphone bluetooth ini! Earphone jenis ini tentu memudahkanmu dalam menjalani aktivitas, seperti saat menyetir atau pun olahraga. Sebab, jenis satu ini tak memiliki kabel alias wireless. Dengan begitu, kamu tidak lagi terganggu dengan kabel dan juga bisa membawanya kemana-mana dengan lebih mudah. Tinggal aktifkan saja fitur bluetooth di ponselmu, ia akan terhubung dan kamu bisa menikmati serta mendengarkan audio yang diinginkan.

    Earbud

    Earbud merupakan jenis earphone yang paling standar, yakni menggunakan kabel. Kualitas suara yang dihasilkan dari earbud cenderung lebih lebar dan terbuka, karena bentuk dan cara pemakaiannya yang berada di luar lubang telinga. Earbud ini sendiri memiliki sub kategori lagi, yaitu handsfree dan earpod. Handsfree merupakan jenis earbud yang memiliki microphone yang biasanya disertakan dalam paket penjualan smartphone. Sementara itu, earpod adalah istilah yang digunakan untuk menyebut earbud keluaran Apple yang disertakan dalam pemutar musik digital iPod.

    Baca juga Bersihkan Earphone Agar Terhidar dari Bakteri

    Earfit

    Yang ketiga ada earfit. Jenis satu ini memiliki fitur tambahan agar terpasang dengan baik di telinga. Earphone ini berbentuk seperti kabel yang dikaitkan di sekitar daun telinga atau ada plastik/karet tambahan untuk mencegahnya  terlepas dari telinga. Perangkat ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki banyak aktivitas dan suka berolahraga.

    In-Ear-Monitors (IEM)

    Jenis perangkat satu ini digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam lubang telinga. IEM memiliki karakter yang cenderung sempit dan tertutup. Namun, di beberapa merek, jenis ini mampu menghasilkan suara yang menggelegar meski cara pemakaiannya sama. Selain karena tingkat mobilitasnya yang tinggi, IEM juga cocok digunakan karena isolasi suara yang dihasilkan, sehingga pendengar bisa menikmati dengan lebih fokus, tanpa harus terganggu suara dari luar.

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here