Sunday, June 26, 2022
25.1 C
Jakarta
More

    Tips Memilih Rekan Bisnis

    Memilih rekan bisnis terasa menakutkan bagi sebagian orang karena berisiko membuat bisnis menjadi turun bahkan hingga bangkrut. Wajar saja, jika belum mengenal dekat rekan bisnis tersebut, maka proses bisnis tidak akan berjalan mulus.

    Namun demikian, memilih rekan bisnis yang tepat justru dapat mendongkrak pendapatan hingga membuat bisnis yang dilakoni semakin maju. Hasil pemikiran dari dua rekan bisnis  bisa menciptakan kolaborasi guna menghasilkan ide yang lebih baik.

    Memang dibutuhkan effort yang besar untuk menemukan rekan bisnis, terlebih jika sudah mengenai visi misi yang sejalan dalam membangun usaha. Agar kamu bisa menemukan rekan bisnis yang tepat, yuk simak tips di bawah ini:

    Menyesuaikan Visi dan Misi

    Langkah utama yang harus kamu lakukan adalah menyesuaikan visi dan misi selama membangun bsinis. Seperti membangun rumah, kamu sudah harus mengetahui model bisnis, luas bangunan, hingga material bahan bangunan yang digunakan seperti apa.

    Diskusi mengenai hal di atas sudah harus segera dilakukan agar tidak mengganggu urusan manajemen di kemudian hari. Hal yang bisa kamu bicarakan antara lain adalah urusan operasional, keuangan, stok barang, hingga pembagian profit.

    Baca juga: Simak Tips Berikut untuk Investasi Lebih Cuan

    Pilih Rekan Bisnis dengan Skill Khusus

    Selain membicarakan hal basic, memilih rekan bisnis juga harus dilihat dari keahlian mereka mengelola bidang yang akan dikembangkan bersama. Seperti contoh ketika kamu ingin membuat bisnis restoran bintang lima, maka kamu memerlukan rekan kerja yang mengerti mengenai konsep hidangan berkelas maupun cara mengatur harga jual agar tidak rugi.

    Pilih Rekan dengan Komitmen Tinggi

    Meski banyak orang tertarik berbisnis karena title “entrepreneur” terlihat keren, namun jangan sampai hal ini menjadi acuan kamu dalam membangun maupun memilih rekan bisnis ya. Carilah rekan yang juga memiliki komitmen tinggi dan akan serius dalam menjalani tugas ke depannya. Jika rekan yang kamu pilih tidak serius, maka kamu akan menghadapi konsekuensi berupa kegagalan.

    Saling Kontribusi Modal Sejak Awal

    Photo by Jp Valery on Unsplash

    Tidak usah ragu dalam memulai diskusi mengenai uang sejak awal. Untuk membangun bisnis terkadang modal yang dibutuhkan bisa berasal dari dua orang atau lebih. Jika demikian, kamu sudah harus memulai pembicaraan mengenai pembagian modal awal dan pembagian keuntungan dengan jelas di awal diskusi.

    Baca juga: Tips Belanja Kekinian dengan Mudah di Tiktok Shop

    Bella Rifanda
    Bella Rifanda
    Working as a Content Writer at SiCepat Ekspres. Food enthusiast.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here