Tuesday, August 16, 2022
30.1 C
Jakarta
More

    Tips Mencuci Pakaian Untuk Hilangkan Virus dan Bakteri

    Di tengah wabah virus corona atau covid-19 yang sedang menyebar di hampir seluruh negara di dunia, kebersihan kini menjadi hal wajib yang harus diterapkan oleh setiap orang. Tak hanya kebersihan tangan saja, kamu juga perlu memperhatikan keberihan pakaian yang kamu kenakan lho. Apalagi untuk kamu yang terpaksa masih harus beraktivitas di luar rumah meski keadaan semakin berbahaya.

    Untuk itu, penting bagi kita mengetahui bagaimana sih cara mencuci pakaian dengan benar agar pakaian terbebas dari sisa-sisa virus dan bakteri yang menempel. Sehingga, pakaian tersebut bisa kenakan lagi di kemudian hari tanpa rasa khawatir. Nah, ini dia tips dan trik yang bisa kamu terapkan ya!

    Gunakan air dengan suhu panas

    Seperti yang sudah kita ketahui, bakteri dan virus lemah dengan suhu tinggi. Nah karena itu, kamu bisa mencuci pakaian dengan menggunakan air bersuhu tinggi diatas 30 derajat celcius untuk membunuh sisa virus dan bakteri yang menempel pada pakaian.

    Lakukan langkah ekstra

    Mencuci pakaian dalam suhu tinggi ternyata masih belum cukup untuk mematikan virus dan bakteri. Sehingga, kamu bisa melakukan langkah ekstra untuk memasukkan pakaian yang sudah kamu cuci dengan air panas ke mesin pengering selama kurang lebih 20 menit. Mesin pengering biasanya akan mengeluarkan suhu panas yang efektif untuk membunuh virus dan bakteri.

    Bersihkan mesin cuci

    Selain pakaian yang ahrus dibersihkan, mesin cuci yang kamu gunakan juga harus rutin dibersihkan menggunakan desinfektan. Semprotkan desinfektan sebelum kamu menggunakan mesin cuci agar sisa virus dan bakteri yang dibawa oleh pakaian sebelumnya bisa hilang.

    Pilih formula yang tepat

    Kamu juga perlu memikirkan deterjen jenis apa yang cocok digunakan untuk mencuci pakaianmu. Deterjen yang memiliki banyak busa tak selamanya baik digunakan karena deterjen tersebut justru bisa membuat kotoran semakin terjebak dan sulit dihilangkan. Busa justru akan membuat penumpukan sabun di pakaian. Untuk itu, kamu disarankan untuk menggunakan jenis deterjen yang mengandung pelembut dan pengharum ketika mencuci pakaian.

    Nah, itu dia beberapa tips dan trik mencuci pakaian agar pakaianmu bisa terbebas dari virus dan bakteri yang menempel setelah beraktivitas seharian. Yuk selalu terapkan langkah-langkah yang tepat untuk menjaga kebersihan diri agar kita terhindar dari potensi penularan virus yang bisa membahayakan kesehatan.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here