Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tips Mengatasi Rambut Secara Alami Nih

Must Read

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rambut rontok biasanya disebabkan karena faktor genetik yang diwariskan dari ayah atau ibunya. Kondisi ini disebut androgenetic alopecia.

Ada juga rambut rontok yang disebabkan karena kurangnya nutrisi seperti kekurangan protein akibat diet ketat dan stress. Selain itu, ketidakseimbangan hormon, kondisi kesehatan secara khusus, atau kesalahan dalam merawat rambut juga bisa menyebabkan kondisi ini. Mengenai hal ini, penderita rambut rontok harus mulai memerhatikan asupan gizinya sehari-hari.

Nutrisi

Kekurangan nutrisi mungkin saja menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Rambut memerlukan berbagai nutrisi dan mineral untuk tumbuh kuat dan indah. Protein, misalnya. Zat ini dibutuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperkuat akar setiap helai rambut. Yang perlu diingat, Anda memerlukan kecukupan asupan nutrisi secara harian dan berkelanjutan. Sebanyak 2-3 porsi daging per hari atau 4-5 porsi protein (kombinasi antara susu dan olahannya ditambah, kacang-kacangan) dinilai sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Jangan lupa, konsumsi juga sumber asam lemak omega-3. Asam lemak ini didapatkan dari telur ayam, daging ikan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Asam lemak omega-3 berkhasiat menyehatkan kulit kepala dan mengurangi peradangan.

Kekurangan zat besi atau kondisi anemia dapat memicu kerontokan rambut. Karenanya, pastikan Anda tidak mengalami kedua bentuk defisiensi ini. Namun, jangan langsung mengonsumsi suplemen zat besi jika Anda belum dinyatakan positif mengalami anemia karena kekurangan zat besi.

Perhatikan juga kecukupan zinc dan biotin. Kedua zat ini membantu pertumbuhan rambut dan mencegah rambut mengalami kerapuhan serta penipisan.

Penataan rambut

Kadang-kadang Anda lupa bahwa karet yang mengikat rambut terlalu kencang.  Khusus bagi wanita, jangan terlalu sering membiarkan rambut terpapar besi pencatok, papan pengeriting, atau pengering rambut, dan untuk pria penggunaan topi, helm dan minyak rambut jangan terlalu sering yah. Terlalu sering menata rambut dengan alat dapat menyebabkan rambut menjadi tipis dan rontok. Salah satu perawatan rambut rontok yang alami adalah memperlakukan rambut dengan lembut.

Mengelola stres

Rambut yang rontok mungkin saja disebabkan oleh stres. Namun ternyata hal ini juga terjadi sebaliknya, rambut yang rontok berat juga dapat membuat Anda stres. Karenanya, pandai-pandailah dalam mengelola stres. Yang perlu Anda ingat adalah jika kerontokan rambut mencapai sekitar seratus helai sehari, berarti masih dalam batas normal sehingga Anda tidak perlu panik.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel