Tuesday, August 9, 2022
26.6 C
Jakarta
More

    Tips Menjaga Pakaian Agar Tidak Lembab dan Rusak Saat Musim Hujan

    Musim hujan terkadang membuat aktivitas sehari-sehari menjadi terganggu, seperti halnya cucian yang tidak kering karena turun hujan sepanjang hari. Karena kurangnya intensitas matahari ketika musim hujan, hal tersebut membuat pakaian yang kita cuci membutuhkan waktu lama untuk mengering dan juga cenderung akan lembab.

    Pakaian yang lembab jika dibiarkan dan tidak disimpan dengan benar akan membuat pakaian tersebut rusak. Tidak mau kan mengalami hal tersebut saat musim hujan? Nah, ini dia beberapa tips yang kamu butuhkan untuk menjaga pakaianmu agar tidak lembab dan rusak saat musim hujan datang!

    Saat Mencuci Pakaian

    Saat mencuci, pisahkan pakaian berdasarkan warna, bahan, dan juga jenisnya. Jika kamu mencuci dengan tangan alias dikucek, maka pastikan untuk mengucek pakaian tersebut hingga bersih. Pakai bantuan sikat agar semakin bersih. Eits tapi tergantung bahan ya! Jangan sampai kamu menggunakan sikat untuk pakaian berbahan wol atau kain yang halus. Cuci hingga baju benar-benar bersih. Bilas baju 3 sampai 4 kali dan pastikan tak ada sisa sabun yang tertinggal.

    Merendam Baju dengan Pewangi

    Setelah dibilas hingga bersih, rendam pakaianmu dengan cairan pewangi pakaian. Rendam kurang lebih selama 15 sampai 20 menit. Untuk penggunaan pewangi, usahakan untuk menggunakan pewangi yang berkualitas dengan aroma yang lembut atau tidak terlalu menyengat. Pewangi yang aromanya terlalu menyengat dikhawatirkan justru membuat aroma baju jadi bau saat musim hujan.

    Saat Mengeringkan Baju

    Jika sudah direndam dengan pewangi, peras pakaianmu hingga sedikit air yang tersisa.  Selanjutnya, jemur di tempat terbuka yang terdapat anginnya. Usahakan agar bagian atas jemuran tertutup kaca atau atap yang menerawang. Usahakan pula untuk memberi lampu atau penerangan di jemuran agar baju cepat kering dan tidak terlalu lembab.

    Menyetrika Baju

    Usai dijemur dan baju kering, usahakan agar segera menyetrika baju. Saat menyetrika, pastikan bahwa panas setrika sesuai dengan bahan kain baju. Jangan menyetrika dengan suhu panas terlalu tinggi dan suhu terlalu rendah. Jika baju benar-benar kering, kamu bisa menyemprotkan pewangi dan kemudian menyetrika lagi di tahap akhir atau merapikan baju.

    Menyimpan Baju

    Simpan baju di tempat yang kering dan tidak lembab. Agar baju yang disimpan selalu rapi, simpan baju sesuai bahan kain. Simpan juga baju berdasar jenis. Simpan atasan atau kemeja bersama kemeja, kaos bersama kaos, baju berbahan jeans bersama sejenisnya dan baju daleman atau aksesoris bersama aksesoris. Cara menyimpan seperti ini selain memudahkan kamu dalam mencari baju, ini juga bisa membuat isi lemari selalu rapi. Untuk baju yang susah dilipat, alangkah baiknya disimpan dengan cara digantung.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here