Sunday, October 17, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tips Untuk Kenali Hoax di Media Sosial

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Masyarakat kini bisa dengan mudah memperoleh segala jenis informasi dari berbagai sumber. Media sosial menjadi salah satu media yang menawarkan kemudahan tersebut. Kita bisa memperoleh segudang informasi yang kita butuhkan hanya dari portal media sosial. Namun seringkali, informasi-informasi yang kita terima di media sosial justru belum terkonfirmasi kebenarannya, atau lebih kita kenal dengan istilah hoax.

Terlebih, dalam situasi pandemic covid-19 seperti yang dialami oleh Indonesia saat ini, segala informasi tentang virus covid-19 ini bertebaran di media sosial. Namun, banyak diantaranya yang masih terkategori hoax dan belum benar faktanya. Sehingga, sangat penting bagi masyarakat untuk bisa memilah-milih informasi di media sosial agar tidak termakan oleh informasi hoax. Nah, berikut ini adalah tips yang kamu butuhkan untuk mengenali informasi hoax yang beredar di media sosial. Yuk disimak!

Perhatikan kredibilitas link berita

Biasanya, informasi atau berita yang tersebar di media sosial ini akan menyertakan link berita lengkap yang bisa kamu baca. Untuk mengenali apakah berita tersebut berpotensi hoax atau tidak, kamu harus benar-benar memperhatikan kredibilitas link berita. Beberapa berita hoax akan memiliki alamat url yang janggal seperti menggunakan com.co atau terdapat typo di dalamnya. Kamu bisa mengecek apakah link tersebut kredibel atau tidak melalui menu about us pada website alamat tersebut. Jika tidak ada informasi detail dan kontak perusahaan penerbit informasi, maka bisa jadi link berita tersebut mengandung hoax, guys!

Periksa sumber berita atau informasi

Informasi jenis apapun bisa saja tersebar di media sosial dengan sangat mudah. Agar bisa terhindar dari informasi dan berita hoax, kamu harus memperhatikan sumber dan asal informasi atau berita yang kamu dapatkan. Jika sumber informasi merupakan perusahaan media ternama yang sudah terbukti kredibilitasnya, maka boleh saja kamu percaya. Namun tetap, kamu harus menyaring informasi tersebut dengan check & recheck Kembali ya di berbagai sumber terpercaya lainnya!

Perhatikan judul berita dan kalimat yang digunakan

Beberapa berita hoax biasanya akan menggunakan trik judul yang menggugah emosi atau yang biasa kita kenal dengan click bait. Penggunaan kata-kata provokatif juga sering kali digunakan dalam informasi hoax. Tujuan utamanya adalah agar pembaca tertarik dan mengklik link tersebut, meskipun informasi yang ada pada judul tidak sesuai denga nisi berita yang ditampilkan secara utuh. Namun, trik click bait ini juga kini sering digunakan oleh para perusahaan media dan menjadi template yang umum bagi berita-berita yang terbit secara online, guys! Jadi, tetap berhati-hati ya!

Membandingkan informasi dari berbagai sumber

Jika kamu menerima suatu informasi yang belum jelas sumber dan kebenarannya, sangat perlu bagimu untuk membandingkan informasi tersebut di beberapa sumber informasi lainnya. Jangan percaya begitu saja pada satu informasi/berita dari satu sumber saja. Kamu bisa memanfaatkan mesin pencarian dan mencari kebenaran informasi tersebut dari berbagai sumber seperti misalnya dari beberapa media kredibel yang ada.

Perhatikan penulisan dan ejaannya

Media yang kredibel biasanya akan sangat memperhatikan penulisan dan ejaan yang ia kenakan. Sehingga, sangat jarang ditemui kesalahan penulisan atau penggunaan kata yang tidak tepat jika media tersebut memang terverifikasi kredibilitasnya. Kamu bisa mengecek sebuah informasi adalah hoax atau tidak dengan melihat cara penulisan berita tersebut seperti apakah banyak typo, EYD yang tidak sesuai, capslock, tanda baca yang salah, dan lain sebagainya sebagai indikator ya!
Nah, itu dia 5 tips yang bisa kamu gunakan untuk melindungi diri dari informasi hoax yang bisa berbahaya bagi masyarakat. Kamu perlu memahami bahwa segala informasi yang beredar di media sosial belum tentu benar adanya. Lakukan check & recheck Kembali sebelum menekan tombol share ya!

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Tips Memiliki Mental Baja Agar Menjadi Pebisnis Sukses

Mengawali bisnis pasti ada saja tantangan dan kesulitan yang kamu alami. Terkadang rasanya ingin menyerah saja, tetapi tentunya tidak...

Sicepat Ekspres Berikan Bantuan Perahu Karet ke BPBD Kabupaten Bekasi Untuk Antisipasi Bencana Banjir

SiCepat Ekspres melalui kegiatan CSR SiCepat Peduli menyalurkan bantuan berupa perahu karet ke BPBD Kabupaten Bekasi pada hari Jumat, 8 Oktober...

PeduliLindungi kini dapat diakses melalui Chatbot WhatsApp

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dibuat pemerintah dengan tujuan membantu pelacakan dalam menghentikan penyebaran Covid-19. Aplikasi ini memerlukan peran masyarakat...

Populer Artikel