Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tips Untuk Melindungi Ponsel Dari Malware

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Malware atau Malicious Software kerap menyerang telepon selular (ponsel) atau smartphone, terutama pada pengguna Android. Sayangnya, tidak semua pengguna Android memperhatikan keamanan perangkatnya. Salah satu tanda ponsel kamu terserang malware adalah sering muncul iklan terus menerus. 

Meskipun sebagian besar virus mudah dihilangkan, ada beberapa bug yang tidak mudah dihilangkan, sehingga penting untuk para pengguna ponsel mengambil tindakan agar perangkat yang digunakan tidak terkena malware. Berikut sejumlah cara untuk menghentikan serangan malware. 

Mengunduh aplikasi dari layanan resmi 

Pastikan kamu mengunduh aplikasi dari layanan resmi, seperti Google Play Store. Kamu juga perlu memperhatikan peringkat dan ulasan aplikasi terlebih dahulu sebelum mengunduhnya. Jika aplikasi tersebut memiliki peringkat dan jumlah unduhan yang rendah, sebaiknya kamu menghindari aplikasi tersebut. 

Photo by Olivier Bergeron (Unsplash.com)

Hindari aplikasi dari pihak ketiga 

Aplikasi pihak ketiga biasanya hanya dapat diakses lewat surel website dan tidak terdaftar, serta tidak terdeteksi oleh Google Playstore. Aplikasi tersebut dapat dengan mudah disusupi perangkat lunak yang berbahaya karena itu hindari untuk mengunduh aplikasi sejenis APK di luar Google Playstore. Untuk mengaturnya kamu bisa membuka pengaturan ponsel, kemudian keamanan. Dalam menu ini pastikan untuk menonaktifkan Sumber Tidak Dikenal.

Jangan klik iklan pop-up saat browsing internet 

Iklan pop-up akan mengarahkan kamu ke situs lain ketika kamu mengkliknya. Beberapa iklan pop-up secara paksa membuat pengguna untuk memasang malware di perangkat tanpa kamu sadari. Maka dari itu, hati-hati bila menemukan iklan pop-up di suatu situs dan jangan sampai kamu mengkliknya. 

Photo by Unsplash.com

Menginstal aplikasi antivirus 

Kamu juga dapat menginstal antivirus di ponsel untuk mencegah atau menghentikan serangan malware. Aplikasi antivirus dapat mengetahui dan mendeteksi aplikasi buruk pada smartphone. Sayangnya, layanan ini memberikan dampak negatif, yaitu kinerja ponsel yang semakin lambat. Mungkin kamu bisa mengunduh antivirus, seperti  Malwarebytes, Norton, Lookout atau Bitdefender untuk memindai perangkat agar terbebas dari serangan virus atau malware.

Nah, itu tadi tips-tips yang harus kamu lakukan agar ponselmu tetap aman dan terbebas dari serangan malware.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel