Tuesday, January 18, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tol di Kalimantan Beroperasi Akhir 2019

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kalimantan sebentar lagi akan memiliki jalan tol alias jalan bebas hambatan pertamanya yang menghubungkan kota Balikpapan dan Samarinda. Jalan tol Balikpapan-Samarinda tersebut akan segera beroperasi akhir tahun 2019 ini. Progres konstruksi tol yang dibangun sejak November 2016 tersebut kini sudah mencapai 90,19%.

Mengutip keterangan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kamis (4/7/2019), Seksi I dan Seksi V tol Balikpapan-Samarinda saat ini progress konstruksinya sudah mencapai 92,91%. Kemudian, Seksi II, Seksi III, dan Seksi IV saat ini progress konstruksinya juga sudah mencapai 92,51%. Seksi I hingga Seksi V ini diharapkan bisa mulai beroperasi pada akhir tahun 2019 mendatang.

Dari pembangunan ini, total biaya investasi pembangunan jalan tol ini mencapai Rp 9.97 triliun, yang dilakukan oleh PT Jasamarga Balikpapan Samarinda.

Dengan beroperasinya jalan bebas hambatan yang menghubungkan Balikpapan-Samarinda ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi untuk memangkas biaya logistic pendistribusian barang dan jasa yang semakin cepat antara dua kota tersebut. Jika biasanya perjalanan darat dari Balikpapan ke Samarinda membutuhkan waktu sekitar 3 jam, dengan adanya jalan tol ini jarak keduanya bisa ditempuh hanya dalam 1 jam saja.

Kehadiran jalan tol yang merupakan cikal bakal jalan Trans Kalimantan ini disambut baik oleh masyarakat yang terus mendukung terbangunnya jalan tol ini hingga tahap penyelesaian. Diharapkan ke depannya, dengan adanya jalan tol ini bisa menciptakan kawasan perekonomian baru di Pulau Kalimantan yang sekaligus mendorong pertumbuhan kawasan tersebut menjadi semakin lebih baik dan berkembang.

Keberadaan jalan tol Balikpapan-Samarinda ini akan menjadi pendukung pengembangan sector kawasan industri yang bergerak di sector kelapa sawit, batubara, migas, dan pertanian. Nantinya, kawasan yang dilintasi jalan tol ini semakin meningkatkan mutu pembangunan ke depan, serta kehadiran jalan tol ini dapat menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kalimantan.

Jalan tol Balikpapan-Samarinda ini selanjutnya juga akan menjadi akses penghubung Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan. Akses menuju bandara ini dapat ditempuh dalam waktu 15-20 menit saja dengan melewati Seksi V ruas Balikpapan-Sepinggan yang hanya berjarak sekitar 8 km dari bandara tersebut.

Sebagai informasi,tol Balikpapan-Samarinda ini terdiri dari lima seksi. Seksi I ruas Balikpapan-Samboja sepanjang 22,03 km, Seksi II ruas Samboja-Muara Jawa sepanjang 30,98 km. Kemudian, pada Seksi II Muara Jawa-Palaran sepanjang 17,5 km, Seksi IV Palaran-Samarinda sepanjang 17.95 km, dan Seksi V ruas Balikpapan-Sepinggan sepanjang 11.09 km.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Tips Travel Hemat pakai Poin GRES

Halo, Sahabat Sicepat! Kamu seorang traveler dan suka mencari harga hemat untuk transportasi saat travel nanti? Sekarang kamu bisa...

Tempat Makan Hits di Kemang, Aesthetic a la Jaksel

Siapa yang tidak tahu Kemang? Salah satu wilayah di Jakarta Selatan ini sudah menjadi tolak ukur anak muda untuk...

Tanaman Hoki untuk Rumah Menurut Feng Shui

Pandemi Covid-19 semakin meningkatkan tren tanaman hias semakin meningkat. Aktivitas ini tentunya dilakukan masyarakat untuk dapat tetap beraktivitas meskipun...

Populer Artikel