Saturday, December 10, 2022
31.1 C
Jakarta
More

    Training ISO 9001:2015

    Memberi pelayanan terbaik untuk para customer menjadi fokus utama yang selalu dilakukan oleh SiCepat. Pelayanan terbaik tersebut bisa dilihat dari kualitas pengiriman yang dilakukan. Dalam hal ini, proses operasional menjadi hal utama yang diperhatikan agar kualitas pengiriman selalu terjaga. 

    Terkait proses operasional dan pelayanan, SiCepat Ekspres telah diakui secara internasional dan tersertifikasi ISO 9001:2015 pada 20 Mei 2019 lalu. Hal ini membuktikan bahwa segala proses yang terjadi baik dari segi operasional pengantaran maupun pelayan telah sesuai dengan standar internasional yang ditentukan. Pencapaian ini tentunya menjadi patokan untuk SiCepat untuk terus meningkatkan kualitas dan pelayanannya kepada customer. 

    Berkaitan dengan Sertifikasi ISO 9001:2015 yang didapatkan, SiCepat Ekspres mengadakan sebuah pelatihan/training terkait ISO (International Organization of Standardization) yang digelar pada 24-25 Agustus 2020 bertempat di Kantor Pusat SiCepat Ekspres di kawasan Juanda, Jakarta Pusat. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Departemen Process Improvement sebagai departemen yang dipercaya untuk mengawasi terlaksananya ISO 9001.

    Pelatihan ini diadakan sebagai bentuk tanggung jawab agar seluruh karyawan SiCepat dapat selalu menjaga kepuasan pelanggan. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi salah satu kewajiban dalam klausal ISO untuk melakukan training kepada karyawan. Tujuannya, agar seluruh karyawan mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan baik yang diperbolehkan maupun yang tidak diperbolehkan dalam menjaga kepuasan pelanggan. 

    Training ISO 9001:2015 ini dihadiri oleh 20 orang peserta yang berasal dari beberapa departemen dalam perusahaan yang diharapkan dapat melakukan sharing knowledge dengan masing-masing tim di departemennya, dan beberapa koordinator gerai. Training ISO SiCepat ini menghadirkan Michael Fadjar Tjiptadi dari konsultan ISO dari Northwest Consulting yang sudah berpengalaman kurang lebih 10 tahun dalam melakukan training dan audit terhadap ISO 9001 sebagai pemberi materi. 

    Fadjar menyampaikan beberapa materi terkait pelaksanaan ISO 9001:2015 diantaranya pengenalan sejarah dan perubahan aturan dari tahun ke tahun, pembahasan klausal-klausal dalam ISO 9001 secara detail. Materi-materi ini disampaikan guna mencapai kepuasan pelanggan dan juga memahami tata cara audit sesuai dengan ISO 19011 untuk memastikan setiap proses sudah sesuai dengan ISO 9001. 

    Dari beberapa materi yang disampaikan, cara mencapai dan menjaga kepuasan pelanggan serta cara melakukan audit yang baik dan benar menjadi fokus utama yang ditekankan. Karena, jika SiCepat mampu menjaga kepuasan pelanggan, maka hal tersebut akan berjalan beriringan dengan kemampuan perusahaan untuk semakin maju dan berkembang. 

    Harapannya, pelatihan ini bisa menjadi sumber ilmu dan pengetahuan agar seluruh karyawan mengetahui hal dasar yang perlu diperhatikan dalam ISO 9001 guna mencapai kepuasan pelanggan. Selain itu, karyawan dapat saling memeriksa dan memastikan bahwa ISO 9001 bisa berjalan baik dalam perusahaan.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here