Thursday, December 1, 2022
31.1 C
Jakarta
More

    Training Orientasi Karyawan Baru (OKB)

    Tak kenal maka tak sayang, nampaknya menjadi sebuah peribahasa yang tepat untuk melandasi adanya training OKB (Orientasi Karyawan Baru) yang diinisiasi oleh departemen Training and Development dari divisi Human Resource Development (HRD) SiCepat Ekspes.

    Training OKB merupakan pelatihan yang wajib dijalani oleh para karyawan baru yang bergabung dengan SiCepat Ekspres sebelum resmi bekerja dan menjadi bagian dari keluarga SiCepat. Tujuannya tidak lain adalah untuk memperkenalkan para karyawan baru mengenai hal-hal fundamental yang dimiliki oleh perusahaan.

    Training ini diadakan setiap hari Senin dengan frekuensi satu minggu sekali dan diikuti oleh karyawan baru yang masuk sekitar satu minggu sebelumnya. Training OKB ini terdiri dari 5 sesi yang diselenggarakan sejak pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB.

    Dalam 5 sesi tersebut, tim T&D menyampaikan berbagai macam materi di antaranya meliputi informasi mengenai company profile, product knowledge, hak dan kewajiban karyawan, etika kerja, dan juga materi mengenai SiCepat Rumah Kita.

    Sesi pertama dibuka dengan penyampaian materi seputar company profile yang bertujuan agar para karyawan baru mengetahui secara detail seluk beluk berdirinya SiCepat Ekspres. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan berbagai produk dan layanan yang disediakan oleh SiCepat untuk para customernya dalam materi product knowledge. Tujuannya tidak lain adalah agar karyawan memahami pelayanan seperti apa yang diberikan SiCepat untuk masyarakat. Selain itu, hakikatnya seorang karyawan adalah wajah perusahaan. Sehingga, perlu bagi karyawan mengetahui informasi-informasi penting tersebut untuk mewakili perusahaan di masyarakat nantinya.

    Selain itu, dalam sesi training juga disampaikan hal-hal yang berkenaan dengan hak serta kewajiban yang didapatkan oleh karyawan saat bekerja seperti di antaranya ada hak cuti, hak mendapat dispensasi izin, kewajiban mematuhi berbagai aturan baik tertulis maupun tak tertulis, dan lain sebagainya.

    Tak lupa, karyawan baru juga mendapatkan materi seputar etika kerja yang berlangsung di lingkungan kerja SiCepat Ekspres. Tujuannya tentu saja agar para karyawan baru bisa memahami dan mengikuti etika-etika serta hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebagai karyawan SiCepat Ekspres.

    Terakhir, untuk menutup sesi materi training OKB, materi tentang “SiCepat Rumah Kita” juga tak lupa disampaikan kepada para karyawan baru yang akan bergabung dengan SiCepat. Lewat materi ini, SiCepat ingin menyampaikan bahwa lingkungan kerja SiCepat merupakan lingkungan kerja dengan suasana kekeluargaan yang kental. Sehingga, melalui penyampaian materi ini, diharapkan karyawan bisa menganggap SiCepat sebagai rumah kedua dan merasa nyaman ketika menjalankan pekerjaannya. Selain itu, penting juga untuk karyawan memiliki sense of belonging sebagai karyawan agar bisa enjoy dan tidak stress saat bekerja.

    Setelah penyampaian beberapa materi tersebut selesai, Rangkaian training OKB ini ditutup dengan agenda office tour dimana karyawan baru akan diajak untuk berkeliling agar lebih mengenal bagian-bagian lainnya di kantor yang akan menjadi tempat kerjanya nanti, sekaligus melakukan perkenalan dengan karyawan lain yang ada di berbagai divisi di SiCepat Ekspres.

    Related news

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here