Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tutorial Obat Gratis Kemenkes Lewat Halodoc

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Program distribusi obat gratis dari Kementerian Kesehatan RI masih terus berjalan hingga saat ini. Obat gratis ini diperuntukkan bagi kamu, pasien Covid-19 isolasi mandiri yang membutuhkan asupan obat dan vitamin. Bekerjasama dengan platform Telemedisin, salah satunya Halodoc. Kamu dapat memanfaatkan layanan ini untuk mendapatkan obat gratis. Yuk simak tutorialnya!

  1. Pasien melakukan tes PCR / swab antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan RI. Jika hasil tesnya positif dan lab melaporkan hasilnya ke database kasus positif COVID-19 di Kemenkes (NAR), maka pasien akan menerima Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis. Lihat daftar laboratorium jejaring Kemenkes di sini.
  2. Untuk sementara, program obat gratis ini hanya berlaku untuk area Jabodetabek, Kota Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Solo, Malang dan Kab. Karawang. Kamu bisa mengecek apakah kamu sudah terdaftar dalam program Telemedisin Kemenkes dengan mengecek NIK melalui website https://isoman.kemkes.go.id.
  3. Jika sudah mendapat pesan notifikasi dari Kemenkes melalui WhatsApp, mulailah untuk mengunduh aplikasi Halodoc di appstore maupun playstore.
  4. Lakukan proses sign-up dengan mengisi nomor telepon aktif.
  5. Isi kode OTP yang telah dikirim oleh Halodoc melalui pesan ke ponselmu (ingat, jangan infokan kode OTP ke siapapun!)
  6. Setelah terdaftar, pilih menu konsultasi dokter dan memilih dengan dokter mana kamu ingin berkonsultasi. Jangan lupa, gunakan kode voucher yang kamu dapatkan melalui pesan notifikasi dari WhatsApp Kemenkes agar konsultasi yang kamu lakukan GRATIS.
  7. Jika sudah berhasil terhubung dengan dokter, beritahukan bahwa kamu adalah pasien Covid-19 isolasi mandiri.
  8. Mintalah rekomendasi resep kepada dokter yang bertugas saat konsultasi.
  9. Lakukan screenshot pada resep yang telah diberikan oleh dokter atau simpan dalam bentuk PDF.
  10. Setelah itu, kunjungi laman websiter Kemenkes RI untuk menebus obat gratis. Pergilah ke halaman https://isoman.kemkes.go.id/tebusresep, dan masukkan data informasi yang diperlukan seperti nama, NIK, pilihan platform telemedisin (Halodoc), dan unggah bukti resep dokter dari aplikasi Halodoc.
  11. Setelah itu, masukan NIK untuk cek status pengiriman obat gratis dari Apotek Kimia Farma terdekat
  12. Jika semua step sudah selesai, kamu hanya tinggal menunggu obat gratis yang akan segera dikirimkan oleh SiCepat Ekspres.
obat gratis

Untuk bisa menggunakan layanan telemedisin obat gratis dari Kemenkes ini, ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu kamu ketahui. Berikut syarat dan ketentuannya:

  1. Program ini hanya berlaku untuk pasien yang tercatat di NAR (New All Record) Kementerian Kesehatan RI Konsultasi dokter melalui layanan telemedisin GRATIS, berlaku untuk 1x pemakaian
  2. Obat yang diberikan sesuai dengan paket pemerintah didapatkan secara GRATIS
  3. Obat lain di luar paket dari Kementerian Kesehatan akan menjadi tanggungan pasien
  4. Pengiriman dan Ongkos Kirim dengan menggunakan SiCepat dari Apotek Kimia Farma ke rumah secara GRATIS

Tunggu apa lagi? Segera manfaatkan layanan telemedisin untuk bisa mendapatkan obat dan vitamin secara gratis dari Kemenkes. Jangan lupa untuk menjaga protokol kesehatan dengan mencuci tangan, mengenakan double masker, dan menjaga jarak serta melakukan vaksinasi untuk memutus mata rantai penularan Covid-19!

Untuk mengetahui berbagai informasi seputar Covid-19 baik tips dan trik, program bantuan, kegiatan sosial, silakan mengakses laman website www.indonesiapastibisa.org

Tetap waspada, jangan panik, dan saling bantu. #Indonesiapastibisa

Baca juga TFAS Dukung Pemerintah Distribusi Obat Untuk Covid-19

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel