Monday, December 6, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Urutan Prioritas Penerima Vaksin COVID-19

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Urutan prioritas penerima vaksin COVID-19 menjadi perbincangan. Beberapa masyarakat juga bertanya-tanya kapan dirinya bisa mendapatkan vaksin. Saat ini vaksin COVID-19 sudah masuk ke Indonesia dan beberapa masyarakat sudah mendapatkan vaksin, seperti Presiden, para tenaga kesehatan, tokoh agama, hingga pedagang pasar. 

Dilansir dari detikhealth.com, program vaksinasi COVID-19 kini memasuki tahap kedua, yaitu untuk kelompok lansia serta petugas pelayanan publik. Dalam konferensi pers pada 15 Februari 2021 lalu, Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes dr Maxi Rein Rondonuwu, DHSM MARS, menyebutkan, “penetapan kelompok prioritas pertama vaksin dilakukan dengan memperhatikan roadmap dari WHO dan SAGE, serta ITAGI, jadi pemerintah tidak asal memilih mengapa harus lansia dan pekerja publik,” ungkapnya. 

Photo by iStockPhoto 

Masyarakat yang memiliki interaksi serta mobilitas tinggi menjadi daftar kelompok prioritas penerima vaksin COVID-19 pada tahap kedua ini karena dianggap rentan terpapar COVID-19. Berikut urutan prioritas penerima vaksin COVID-19 tahap dua:

  • Lansia
  • Pedagang pasar
  • Pendidik, termasuk guru dan dosen
  • Tokoh agama dan penyuluh agama
  • Wakil rakyat, pejabat pemerintah, ASN
  • Petugas keamanan termasuk TNI dan Polri
  • Petugas pariwisata, hotel, dan restoran
  • Pelayanan publik, termasuk petugas Damkar, BPBD, BUMN, BPJS, dan Kepala Perangkat Desa
  • Atlet
  • Wartawan dan pekerja media
  • Pekerja dan transportasi publik

Menkes juga menyebutkan bahwa kelompok lansia akan disuntik vaksin yang sudah teruji klinis pada mereka yang berusia di atas 60 tahun. Lansia akan disuntik sekitar bulan Maret hingga April, lalu dilanjutkan dengan masyarakat umum. 

Sudah siapkah kamu menerima vaksin? Untuk mengetahui informasi seputar vaksin COVID-19, kamu bisa temukan di artikel blog Sahabat SiCepat. Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Resep Gingerbread Cookies, Cemilan Khas Natal

Menjelang perayaan natal pastinya akan ada beberapa persiapan yang harus dilakukan, mulai dari dekorasi rumah, pilihan baju natal, hinggga...

Meriahkan Natal dengan Inspirasi Outfit Ini!

Perayaan natal identik dengan warna merah. Persiapan pohon natal, ornamen, dan hiasan rumah tak luput dari perhatian setiap tahunnya....

Adu Eksis dengan Christmas Tiktok Dance Challenge

Halo, Sahabat SiCepat! Kabar baik datang dari SiCepat untuk kamu dan teman-teman yang menyukai tiktok dance. SiCepat mengadakan event...

Populer Artikel