Tuesday, August 9, 2022
26.6 C
Jakarta
More

    Virtual Gathering Tim IT SiCepat Ekspres

    Salah satu dampak yang begitu dirasakan oleh para karyawan dan pekerja di beberapa perusahaan adalah diberlakukannya kebijakan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah. Karena adanya pembatasan sosial, beberapa kantor dan tempat kerja menganjurkan para karyawannya untuk bekerja dari rumah agar menghindari kontak fisik secara langsung. 

    Meski menjadi salah satu sektor industri yang masih diperbolehkan menjalankan bisnisnya di tengah pandemi, Sicepat Ekspres turut memberlakukan kebijakan Work From Home ini untuk sebagian karyawan. Bekerja dari rumah ini tentu memiliki sisi positif dan negatifnya. Dengan bekerja di rumah, tentu kita bisa turut menekan angka penularan virus karena membatasi interaksi dengan tidak pergi ke tempat umum. Namun, terlalu lama bekerja sendirian dari rumah dan tidak berinteraksi dengan orang lain juga bisa membuat jenuh dan bosan.

    Karena itu, Tim IT SiCepat Ekspres menginisiasi sebuah program Virtual Gathering yang dilakukan via aplikasi zoom sebagai inovasi yang cukup menarik di tengah kewajiban Work From Home. Program Virtual Gathering ini diinisiasi oleh Billy Yosafat selaku Vice President IT SiCepat Ekspres. Tujuan awalnya adalah untuk mengobati kerinduan akan berinteraksi bersama dengan tim setelah lama work from home.

    “Sejak Maret kan kita mulai menerapkan work from home, sebagian besar memang sudah tidak pergi ke kantor lagi. Sehingga saya berpikir untuk bisa mengadakan virtual gathering ini agar bisa mengobati kerinduan akan interaksi langsung tatap muka dan sekedar chit-chat. Nah agar lebih seru dan asyik, kami juga mempersiapkan sebuah game untuk dimainkan bersama. Tidak hanya sekedar game, kami juga menyediakan hadiah untuk pemenangnya,” jelas Billy.

    Menggunakan platform Slido, Billy mengatakan Ia dan timnya mempersiapkan permainan trivia dengan menyediakan beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh anggota tim IT yang mengikuti gathering. Pertanyaan tersebut meliputi pengetahuan umum terkait isu dan informasi yang sedang berkembang di masyarakat, dan juga pengetahuan umum mengenai SiCepat Ekspres. 

    Berlangsung pertama kali pada 8 Mei 2020 lalu, kegiatan virtual gathering IT ini berlangsung seru dan menyenangkan. Hadiah yang disiapkan pun tidak main-main yakni sebesar Rp 2.300.000 untuk 10 orang pemenang yang berhasil menjawab pertanyaan dengan score tertinggi. 

    Tak hanya bertujuan mengobati rasa rindu akan berinteraksi bersama dengan tim, kegiatan virtual gathering ini juga bertujuan untuk meningkatkan engagement satu sama lain. Apalagi dengan adanya permainan tersebut, kegiatan ini menjadi sarana hiburan yang efektif untuk selingan di sela-sela waktu kerja. Selain itu, virtual gathering tim IT SiCepat Ekspres ini juga menjadi wadah perkenalan bagi para karyawan baru tim IT yang tidak sempat bertatap muka secara langsung karena pandemi covid-19. 

    Menurut Billy, antusiasme dari seluruh karyawan tim IT sangat baik dalam menanggapi adanya kegiatan virtual gathering ini. Rencananya, kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin yang akan dilakukan selama tiga bulan sekali jika memang ada waktu dan kesempatan yang tepat. 

    Rencananya juga, Billy bersama dengan timnya juga akan mempersiapkan game trivia serupa dengan pertanyaan yang lebih spesifik mengarah ke pengetahuan mengenai SiCepat Ekspres. Pertanyaan-pertanyaan game trivia tersebut nantinya akan diambil dari konten-konten yang telah diterbitkan di Majalah SiGesit. Tujuannya adalah agar karyawan bisa lebih mengenal SiCepat dan juga update informasi mengenai apa saja yang telah terjadi dalam perusahaan. 

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here