Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

4 Spesies Ikan yang Bisa Bertahan Hidup Di Laut Terdalam

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Laut dihuni oleh jutaan spesies ikan dan makhluk hidup lainnya dengan kemampuan bertahan hidup yang berbeda, Setiap makhluk laut ini memiliki kemampuan bertahan hidup sesuai dengan tingkat kedalaman laut. Tak semua makhluk hidup yang hidup di laut bisa bertahan di bagian laut dalam.

Seperti yang dilansir dari laman resmi National Geographic, bagian terdalam bumi ada di Palung Mariana, yakni sedalam lebih dari 11.000 meter dibawah permukaan laut. Kehidupan di bagian terdalam bumi ini juga masih menjadi misteri diantara para ilmuwan. Menurut penelitian, ada beberapa spesies unik yang mendiami bagian laut dalam tersebut. Padahal, jika melihat kondisi laut dalam sangat mustahil untuk ditinggali karena tidak bisa ditembus sinar matahari. Nah, kira-kira spesies apa saja ya yang bisa bertahan hidup di bagian laut terdalam bumi ini?

Hiu enam insang

Salah satu spesies makhluk laut yang paling menyeramkan yaitu hiu ternyata bisa hidup di bagian laut terdalam lho! Hiu enam insang ini diketahui bisa bertahan hidup pada kedalaman hingga 2.000 meter, seperti yang tercatat pada British Sea Fishing. Meskipun bisa hidup di perairan dalam. Jenis hiu satu ini juga bisa ditemui di perairan dangkal. Berbekal jumlah insang yang lebih banyak yakni enam, hiu jenis ini bisa menghirup oksigen lebih banyak untuk bisa bertahan lama di bagian laut dalam.

Ikan fangtooth

sumber: naviri magazine

Fangtooth fish yang memiliki rupa menyeramkan ini diketahui bisa bertahan hidup di perairan dalam, yakni 2.000 hingga 5.000 meter. Bernama ilmiah Anoplogaster cortuna, ikan ini memiliki taring yang sangat tajam dan panjang. Di siang hari, ikan ini akan berdiam diri di zona dalam. Sedangkan pada malam hari, ia akan mencari makan di zona yang lebih dangkal. Ikan ini bisa bertahan di laut dalam karena memiliki kemampuan menyerap oksigen yang lebih baik dibanding ikan di spesies laut dangkal.

Cumi-cumi vampir

sumber: blogunik.com

Spesies satu ini disebut sebagai cumi-cumi vampir karena bentuknya yang melebar seperti jubah yang dikenakan oleh vampir. Cumi-cumi ini bisa ditemukan di zona perairan dalam sekitar 1.200 meter. Ditulis pada laman Aquarium of Pasific, cumi-cumi jenis ini memiliki hemocyanin yakni sel darah pengikat oksigen yang lebih kuat dibanding spesies lainnya. Sehingga, hal ini membuat jenis cumi-cumi vampir ini mampu bertahan hidup dengan menyerap oksigen lebih banyak di zona laut dalam.

Viperfish

sumber: fishesofaustralia.net.au

Masuk ke dalam genus Chauliodus, viperfish merupakan spesies ikan yang bisa hidup di laut dalam, seperti yang dicatatkan di laman Britannica. Ikan ini memiliki cara unik dalam berburu mangsanya yakni dengan tubuhnya yang bisa menyala. Ikan ini dinamakan viperfish karena memiliki taring yang runcing dan panjang serta meninjol dari rahang atas dan bawah. Umumnya, spesies ini berukuran kecil yakni sekitar 30 cm saja.

Baca juga Tradisi Ama (Wanita Penyelam) di Jepang

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel