Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

5 Tanaman Hias Dan Cara Perawatannya

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tanaman hias tidak hanya sekadar mempercantik rumahmu, namun ruangan rumahmu akan lebih segar dan bersih dengan keberadaan tanaman tersebut. Agar keindahan rumahmu terjaga, tentu tanaman hias memerlukan perawatan supaya tetap hidup. 

Tidak semua tanaman memiliki perawatan yang ribet. Ada beberapa tanaman indoor yang praktis perawatannya, terlebih lagi untuk kamu sebagai pemula. Menemukan tanaman yang cocok untuk rumahmu, serta perawatannya yang praktis akan sangat menyenangkan karena tidak mengganggu aktivitasmu di rumah. Berikut lima rekomendasi tanaman hias untukmu dengan perawatannya yang praktis. 

Sansevieria

Photo by KatiaMaglogianni (Pexels.com)

Sansevieria memiliki daun seperti pedang runcing. Tanaman hias yang satu ini memiliki arah tumbuh daun memanjang tinggi ke atas dengan warna hijau, serta kekuningan di sekeliling daun. Tanaman yang juga disebut lidah mertua ini juga memberikan kesan lugas dan manis kepada rumahmu. 

Sansevieria cepat beradaptasi dalam kondisi apapun, sehingga mempermudah kamu untuk merawatnya. Dengan kondisi cahaya yang redup pun, Sansevieria dapat bertahan hidup. Kamu juga cukup menyiramnya ketika tanah sudah mulai kering ketika disentuh. Selain perawatannya yang praktis, tanaman hias Sansevieria juga memiliki manfaat yang mampu menyerap racun melalui daunnya dan menghasilkan oksigen murni. Kamu bisa meletakan Sansevieria sebagai tanaman hias di kamar tidurmu atau di kamar mandi. 

Monstera

Photo by Huy Phan (Pexels.com)

Monstera disebut sebagai tanaman hias yang sangat praktis perawatannya. Monstera dapat ditemukan dalam berbagai ukuran dan bentuk. Tanaman ini banyak digemari masyarakat sebagai tanaman hias dikarenakan bentuk daunnya yang unik. Warna hijau segar serta keunikannya membuat kamu mungkin tidak asing bila melihat tanaman ini karena Monstera banyak ditemukan di sudut pusat perbelanjaan, kantor, atau apartemen. 

Tidak perlu diragukan lagi, kamu bisa memilih Monstera sebagai tanaman hias yang dapat mempercantik sudut rumahmu. Untuk perawatannya, kamu dapat meletakkannya di sudut yang cukup mendapatkan sinar matahari. Kemudian, kamu bisa menyiramnya ketika permukaan tanah sudah mulai kering. 

Spider Plant

Photo by Lucian Alexe (Unsplash.com)

Meskipun terkesan berantakan, Spider Plant cukup artistik untuk melengkapi estetika rumahmu. Jenis tanaman hias yang satu ini sebaiknya tidak diletakkan di tempat yang terpapar sinar matahari langsung karena dapat mengakibatkan daunnya terbakar. Spider Plant mudah tumbuh di berbagai lingkungan, serta perawatannya pun praktis dan kamu cukup memberikan tanah yang berkualitas baik untuk menjaga pertumbuhannya. 

Spider Plant perlu diletakkan di area indoor agar selalu lembab, namun tidak lembek supaya tanah sedikit kering untuk penyiraman berikutnya. Sebaiknya, tanaman ini diletakkan di luar ketika malam hari agar tetap menghirup oksigen di malam hari. Salah satu keuntungan jika kamu memiliki tanaman hias ini adalah membantu untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk di dalam rumah. 

Dieffenbachia

Photo by: Bogdan Kurylo (istockphoto.com)

Dieffenbachia dapat disebut juga sebagai daun bahagia atau bunga bahagia. Keunikannya dapat dilihat dari bentuk dan coraknya yang berwarna hijau dengan bercak hijau muda atau kuning. Tanaman hias jenis ini cocok diletakkan di sekitar pekarangan rumahmu atau diletakkan di dalam pot sebagai hiasan ruangan. 

Daun bahagia ini akan tumbuh subur di suhu yang agak hangat. Jika kamu ingin menempatkan di dalam ruangan, hindari meletakan tanaman hias ini di dekat ventilasi AC atau jendela. Untuk perawatan kamu cukup menyiram tanaman ketika tanah terlihat kering. Fakta unik mengenai tanaman hias ini adalah warna daun akan cenderung gelap apabila kamu menempatkannya di dalam ruangan, namun warna daun akan menjadi terang cerah apabila kamu meletakkannya di bawah sinar matahari. 

Kaktus

Photo by Min An (Pexels.com)

Jika kamu termasuk orang yang sibuk, namun ingin mempercantik rumah dengan tanaman hias, kamu bisa memilih tanaman Kaktus sebagai pemanis ruangan. Tanaman berduri ini sangat sederhana perawatannya dan tidak memerlukan perawatan rutin. Penyiraman Kaktus disesuaikan dengan cuaca karena Kaktus menyukai kondisi kering dan tidak lembab. Namun, jika cuaca kering, kamu bisa menyiramnya tiga hari sekali dengan menggunakan spray agar Kaktus tidak lembab. 

Kamu bisa meletakkan Kaktus di bawah sinar matahari, namun jangan membiarkannya terus menerus karena bisa membakar tubuhnya. Berikan media pasir seperti di habitat aslinya, yaitu gurun. Kaktus dan jenis sukulen lainnya memiliki manfaat untuk mengurangi gejala flu, sakit kepala, dan batuk sehingga kamu bisa meletakkannya di dalam ruangan. 

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel