Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    Apple Resmi Rilis iPhone 14 Series, Simak Spesifikasi Fitur Terbaru dan Harganya!

    Apple akhirnya secara resmi merilis iPhone 14 Series dalam acara Apple Event bertajuk “Far Out” yang diadakan secara virtual Kamis (8/9) dini hari. Terdapat empat model yakni dari iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

    iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max hadir dengan tampilan yang berbeda, di mana Apple akhirnya menyingkirkan poni atau notch untuk layar depannya dengan menggunakan desain punch hole berbentuk kapsul.

    Dikutip dari laman resmi Apple, pada iPhone 14 series juga terdapat fitur yang dinamai Dynamic Island, di mana notifikasi atau kontrol interaktif akan ditampilkan secara intuitif di sekitar punch hole layar perangkat. Terdapat fitur Always-On Display di lini iPhone 14 Pro dan menjadi yang pertama rilis di iPhone. 

    Fitur ini membuat tampilan Lock Screen menjadi lebih berguna, karena tetap menampilkan notifikasi aplikasi secara sekilas. iPhone 14 didukung layar ukuran 6,1 inchi panel OLED, sedangkan iPhone 14 Plus berukuran 6,7 inchi. Adapun dalam seri iPhone 14 ini sebagian besar masih mengikuti desain iPhone 13. 

    iPhone 14 ini didukung dua kamera 12 MegaPixel (MP) sama seperti sebelumnya. Akan tetapi Apple memberikan sensor baru berukuran 1,9 mikron dengan aperture f/1,5. Sedangkan kamera depannya didukung kamera 12 MP dengan sensor TrueDepth baru dengan aperture f/1.9 dan autofocus.

    Kedua seri iPhone 14 ini pun masih memakai chipset Apple A15 Bionic sama seperti iPhone 13. Akan tetapi pihak Apple mengklaim telah meningkatkan kemampuan chip tersebut di iPhone 14. Apple juga mengatakan untuk baterai kedua iPhone ini lebih bagus dibandingkan pendahulunya.

    Baca juga: Menilik Fitur Terbaru dari Apple iOS 15.5 dan iPadOS 15.5

    Hal ini dikarena seri iPhone 14 sudah didukung enam inti CPU, yang terdiri dua inti untuk performa tinggi dan empat inti efisiensi dan neural engine. Kedua iPhone ini hadir dalam lima varian warna midnight, starlight, blue, purple, and red.

    Fitur baru lain yang dihadirkan di iPhone 14 Series adalah fitur keselamatan Crash Detection dan komunikasi darurat melalui satelit. Tak hanya varian Pro-nya saja, Apple mengatakan fitur ini ada di semua jajaran iPhone 14 Series.

    Dengan Crash Detection atau Deteksi Kecelakaan, iPhone bisa mendeteksi tabrakan mobil yang parah dan secara otomatis menghubungi layanan darurat saat pengguna tidak sadar atau tidak bisa menggapai ponsel mereka.

    Selanjutnya, iPhone 14 Series juga memperkenalkan Emergency SOS via satelit, memungkinkan pengiriman pesan dengan layanan darurat saat pengguna berada di luar jangkauan seluler atau Wi-Fi.

    Dengan SOS Darurat via satelit, iPhone memuat beberapa pertanyaan penting untuk menilai situasi pengguna dan menunjukkan kepada mereka ke mana harus mengarahkan ponselnya untuk terhubung ke satelit.

    Terkait harga untuk iPhone 14 yaitu USD 799 atau dibanderol Rp 11,9 juta dan mulai dijual pada 16 September 2022. Sedangkan iPhone 14 Plus dijual 7 Oktober 2022 dengan harga USD 899 atau Rp 13,4 juta. Adapun pemesanan awal atau pre order mulai 9 September 2022.

    Baca juga: Apple Luncurkan Warna Terbaru Koleksi iPhone 13

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here