Wednesday, December 7, 2022
32 C
Jakarta
More

    Belanja Online Dengan Cermat Agar Tidak Tertipu

    Belanja online memang merupakan aktivitas yang menyenangkan. Terlebih lagi untuk kamu para pengejar diskon saat harbolnas. Belanja online juga lebih dianjurkan untuk saat ini karena pandemi COVID-19. Namun, selain harga yang murah dan diskon yang menggiurkan, jika kamu ingin belanja online juga memerlukan ketelitian terhadap produk, toko, dan penjual. Jangan sampai hanya karena harga yang murah atau foto produk yang meyakinkan, kamu langsung membelinya tanpa mempertimbangkan dan mencari tahu lebih lanjut tentang toko dan penjualnya. 

    Berikut ada beberapa kisah lucu dari orang-orang yang tertipu dengan produk yang mereka beli dari belanja online. Barang-barang yang mereka beli dari toko online ternyata tidak sesuai foto, bahkan kegunaannya pun menjadi tidak sesuai lagi dengan deskripsi produk.

    Lengan baju salah jahit 

    Photo by Twitter.com/txtdarionlineshop 

    Bayangkan, betapa kecewanya jika kamu membeli kemeja dari toko online, namun ketika barang sampai bukan sekadar salah warna atau ukuran saja, bahkan tidak bisa kamu pakai karena jahitan tangannya seperti ini. Jika kamu membeli barang di toko online, terutama di e-commerce, sebaiknya jangan langsung percaya dengan foto produk saja. Kamu perlu melihat review pelanggan yang pernah membeli barang tersebut. Kamu bisa melihat bintang atau rating yang diberikan, serta komentar apa saja yang diberikan si pelanggan. Kamu juga bisa menilai barang tersebut dari foto atau video yang diberikan dan melihat berapa banyak jumlah rating tertinggi dibandingkan rating terendah. 

    Pengki sapu berukuran jumbo 

    Photo by static.sizzlfy.com

    Berniat ingin mempermudah pekerjaan rumah, seperti menyapu remahan sisa makanan atau debu-debu di kamar dengan pengki berukuran mini. Namun, akibat salah pilih online shop wanita ini malah mendapatkan pengkin berukuran raksasa. Ukuran pengki yang ia dapatkan bahkan melebihi ukuran tubuhnya dan tentunya bukan membuat rumah menjadi rapi malah membuat rumah menjadi penuh dengan pengki jumbo ini. 

    Jam tangan karet 

    Photo by Twitter.com/txtdarionlineshop
    Photo by Twitter.com/txtdarionlineshop
    Photo by Twitter.com/txtdarionlineshop

    Tergiur dengan harga diskon yang murah, salah satu pembeli dari e-commerce tertipu dengan barang yang ia beli. Bisa dilihat pada foto produk bahwa jam tangan tersebut bergambarkan naga dan berlapis emas yang memberikan kesan elegan. Namun, tanpa pertimbangan, orang ini langsung membelinya mungkin karena harganya yang sangat murah, padahal hampir tidak masuk akal jika jam tangan semewah itu hanya seharga Rp11.400,-. Lihat apa yang ia dapatkan, akhirnya pelanggan ini malah mendapatkan jam karet berwarna hijau dan bergambar kartun naga. Bahkan mungkin jam tangan ini hanya bisa digunakan oleh anak-anak. 

    Dress lusuh 

    Photo by Boredpanda.com

    Terlihat pada foto produk di sebelah kiri, dress berwarna peach ini terlihat manis dan elegan. Namun, kenyataannya ketika produk sampai di tangan pelanggan, dress ini berwarna pink muda dan tidak secantik di foto produk. Kecewa bukan, jika kamu sedang membutuhkan dress untuk acara penting, tetapi yang datang malah lusuh seperti ini dan tidak cocok untuk acara formal? Rasanya ingin mengenakannya untuk di rumah saja. Mungkin kamu harus mengeluarkan uang lagi untuk memodifikasi dress ini di tukang jahit atau mengakalinya dengan busana dan aksesoris tambahan. 

    Cincin tengkorak

    Photo by Boredpanda.com

    Menginginkan penampilan yang keren a la rocker dengan cincin tengkorak yang terbuat dari batu amethyst, malah mendapatkan cincin berbahan plastik berwarna ungu. Mungkin ini yang akan kamu alami jika berbelanja online tidak dari toko yang terpercaya keasliannya.  

    Fruit platter seperti batu

    Photo by Boredpanda.com

    Di zaman yang modern sekarang ini, perabotan rumah hingga peralatan dapur pun serba estetik. Biasanya identik dengan motif marble. Namun, pastikan kamu membelinya di toko terpercaya ya. Jangan sampai hanya karena harga murah kamu malah mendapatkan fruit platter seperti gambar di atas yang terlihat seperti barang bekas. 

    Beanie menyeramkan

    Photo by Boredpanda.com

    Buat kamu para pria, jangan sampai keinginanmu untuk terlihat keren malah terlihat seperti korban penculikan begini ya. Cermatlah dalam memilih online shop. Cari tahu terlebih dahulu mengenai bahan beanie yang kamu inginkan, apakah foto produk sudah sesuai dengan review dari pembeli sebelumnya.

    Alycia Putri
    Alycia Putri
    Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here