Saturday, January 28, 2023
23.9 C
Jakarta
More

    Boros Saat Lebaran? Yuk, Terapin 5 Hal ini untuk Pulihkan Kondisi Keuangan

    Liburan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran sudah mau usai, dan pada saat seperti ini kamu sering mengeluarkan uang di luar kendali bahkan terkesan boros. Biasanya uang akan cepat habis saat Lebaran karena membeli perlengkapan seperti pakaian, hantaran lebaran, bagi-bagi angpao THR dan membeli bahan-bahan makanan atau sekedar menikmati hari libur dengan pergi mudik atau jalan-jalan di dalam kota.

    Akibatnya pengeluaran menjadi tidak terkontrol dan membuat kamu kesulitan dalam mencukup kebutuhan hidup setelah lebaran. Maka dari itu, menerapkan tips hemat usai Lebaran berikut ini wajib dilakukan untuk mengembalikan kondisi keuangan seperti semula.

    Periksa Kembali Catatan Pengeluaran

    Saat Lebaran, biasanya banyak pengeluaran yang tidak terduga. Maka sudah seharusnya kamu mempunyai catatan tentang pengeluaran di sebelum dan sesudah lebaran. Periksa kembali semua dana yang sudah kamu keluarkan kemudian lakukan evaluasi. Catat sekiranya pengeluaran apa saja yang bisa kamu batasi di bulan ini. Selain itu, catatan ini juga dapat berguna sebagai patokan pengeluaran kamu di lebaran tahun berikutnya.

    Prioritaskan Kebutuhan yang Penting

    Photo by Anna Shvets from Pexels

    Harus kamu pahami bahwa kebutuhan  dan keinginan itu berbeda. Kebutuhan jauh lebih tinggi dari sekedar keinginan atau keperluan. Keinginan bisa dipenuhi setelah kebutuhan terpenuhi. Intinya buatlah skala prioritas terhadap barang-barang yang benar-benar dibutuhkan. Ada kebutuhan yang sifatnya darurat dan itu wajib diprioritaskan. Setelahnya itu baru kamu bisa memenuhi kebutuhan yang tingkat urgensinya lebih rendah.

    Baca juga: Kelola Arus Uang dalam Bisnis Agar Tidak Boncos

    Segera Lunasi Semua Hutang

    Jika kamu sempat menggunakan kartu kredit atau cicilan lainnya untuk pembayaran keperluan lebaran, maka hal penting berikutnya adalah segeralah membayar semua tagihan utang tersebut. Jangan menunda untuk terlalu lama membayarnya karena hal ini akan menjadi beban yang berkelanjutan di bulan-bulan berikutnya. Bayarlah utang sesuai dengan kemampuan dan lakukan secara konsisten untuk membantu mengembalikan kondisi keuangan setelah lebaran.

    Jangan Lupa Menabung

    Photo by Maitree Rimthong from Pexels

    Momen lebaran memang sering menyebabkan kondisi keuangan menjadi tidak stabil dan cukup menguras kantong. Karena itu, kamu harus secepatnya kembalikan kondisi keuangan, salah satunya dengan menabung. Tapi, tetap perlu diingat bahwa sebaiknya kamu menyisihkan uang terlebih dahulu tanpa perlu menunggu sisa pengeluaran untuk ditabung.

    Buatlah Batasan dalam Pengeluaran Sehari-hari

    Photo by Kelly Sikkema from Unsplash

    Jika kamu termasuk orang yang sering beli kopi atau makan di luar, mulai sekarang kurangi kebiaasan tersebut. Mulai membawa bekal makan dan botol minum dari rumah benar-benar dapat memangkas pengeluaran kamu selama bekerja atau berkegiatan di luar. Gunakan uang kamu untuk memenuhi kebutuhan utama terlebih dahulu. Hindari dahulu hangout di cafe bersama teman atau belanja barang yang tidak diperlukan.

    Baca juga: Simak Tips Berikut untuk Investasi Lebih Cuan

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here