Sunday, June 26, 2022
25.1 C
Jakarta
More

    Kelola Arus Uang dalam Bisnis Agar Tidak Boncos

    Memiliki usaha sendiri di masa muda tentu merupakan sebuah pencapaian dini yang patut dibanggakan. Namun, seringkali pengetahuan bisnis yang masih minim menyulitkan pengusaha untuk dapat mengelola keuangan dengan baik.

    Sejatinya, mengelola uang bisa dilakukan dengan cara mudah bahkan dimulai dengan langkah sederhana. Hal ini tentunya akan berguna jika bisnis sudah berkembang dan arus pemasukan uang tidak sekecil saat mendirikan usaha pertama kali sekaligus mencegah kerugian karena tidak memiliki rekam finansial yang benar. Di antara cara kelola keuangan bisnis yang bisa kamu coba adalah

    Negosiasi sebelum Kontrak

    Photo by Maranda Vandergriff on Unsplash
     

    Hal dasar yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah memulai negosiasi dengan seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan bisnis. Contoh sederhana negosiasi bisnis adalah dengan meminta penawaran harga khusus dari pihak vendor untuk memenuhi bahan baku produk. Kamu bisa membuat kesepakatan bersama dan jangan lupa untuk mengecek kembali perjanjian tersebut sebelum melakukan tanda tangan kontrak.  

    Membuat Pembukuan

    Baca juga:  Kenali Niche Market dan Manfaatnya untuk Bisnis

    Mengelola bisnis pastinya tidak lepas dari catatan keuangan atau pembukuan. Dengan melakukan pembukuan, maka kamu dapat mengetahui seluruh aktivitas keuangan baik laba-rugi maupun neraca. Untuk membuat pembukuan yang baik, maka kamu harus bisa memasukkan detail semua transaksi yang dilakukan. Hal ini akan membantumu mengontrol jalannya bisnis serta mempermudah evaluasi perkembangan bisnis dari waktu ke waktu.

    Hindari Utang

    Cara kelola keuangan bisnis selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menghindari hutang. Berhutang boleh saja dilakukan untuk hal yang berguna seperti membeli peralatan untuk mempermudah proses operasional. Namun, jika berhutang untuk hiburan semata maka ada baiknya jika kamu memikirkan kembali untuk keputusan tersebut. Bertambahnya cicilan dalam bisnis nantinya akan semakin merugikan bisnis itu sendiri.

    Membayar Tagihan Tepat Waktu

    Photo by Igal Ness on Unsplash
     

    Dalam kegiatan bisnis, usaha yang kamu miliki bukan lah satu-satunya pihak yang menjual barang. Untuk menjalankan bisnis, usahamu pasti akan membutuhkan bahan dasar yang dijual oleh vendor dan biasanya diberikan tenggat waktu untuk membayar seluruh tagihan. Siapkan reminder terpisah untuk membayar tagihan tersebut agar bisnis kamu terhindar dari keterlambatan pembayaran sekaligus menjaga keuangan bisnis dengan baik.

    Baca juga: Suka Makan? Coba Pelajari Tips Bisnis F&B, Yuk!

    Bella Rifanda
    Bella Rifanda
    Working as a Content Writer at SiCepat Ekspres. Food enthusiast.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here