Sunday, May 22, 2022
31.8 C
Jakarta
More
    HomeWisata KulinerKulinerBosan dengan Nastar dan Kastengel? Intip Ide Kue Lebaran...

    Bosan dengan Nastar dan Kastengel? Intip Ide Kue Lebaran yang Mudah Dibuat

    Menjelang Hari Raya Idul Fitri banyak tradisi yang mesti disiapkan tak terkecuali sajian kue Lebaran untuk para tamu. Jajanan Lebaran yang acapkali tidak absen adalah kue kering. 

    Selain rasanya yang lezat, kue kering bisa bertahan lama sehingga tak ambil pusing dibiarkan di dalam toples untuk waktu beberapa bulan. Tidak hanya kastengel dan nastar, kamu bisa mencoba beragam kue kering untuk disajikan saat Lebaran. Dikutip dari berbagai sumber, berikut variasi kue Lebaran yang mudah untuk dibuat.

    Kembang Goyang

    (Sumber: Kompas.com)

    Kue loyang atau kembang goyang menjadi salah satu panganan yang berbahan dasar tepung beras yang dicetak membentuk bunga atau bentuk lainnya. Lalu digoreng dalam minyak panas dengan cara menggoyang-goyangkan cetakannya hingga renyah sempurna.

    Bola-bola Cokelat

    (Sumber: Cookpad)

    Cokelat bisa menjadi ide kue Lebaran kamu tahun ini dengan mengolahnya menjadi bola-bola cokelat. Bahan yang digunakan sangat mudah didapat dan cara pembuatannya juga tidak rumit. Kamu hanya perlu membuat adonan biskuit yang telah dihancurkan dan dicampur dengan susu kental manis. Bentuk adonan menjadi lingkaran dan beri taburan topping seperti meses, keju, atau sprinkles di bagian luarnya.

    Baca juga: Ide Parcel Unik Untuk Lebaran

    Kue Bawang

    (Sumber: Kompas.com)

    Jika kamu lebih menyukai makanan asin, bisa mencoba membuat kue bawang. Bahan dasar utamanya adalah bawang merah, bawang putih, dan daun bawang. Campurkan bawang-bawangan tersebut ke dalam adonan tepung terigu, tepung tapioka, santan, dan telur. Setelah tercampur rata, bentuk sesuai selera seperti stik atau kotak, lalu goreng hingga kuning kecokelatan.

    Cornflakes

    (Sumber: detikFood)

    Cornflakes merupakan sejenis sereal instan berbahan dasar jagung. Kamu bisa menggabungkan cokelat dan cornflakes hingga menjadi kue lebaran yang enak. Caranya cukup mudah, yaitu campurkan cornflakes dengan cokelat yang telah dilelehkan. Setelah menempel satu sama lain, letakkan cornflakes yang sudah terbungkus ke dalam paper cup dan tambahkan bagian atasnya dengan taburan warna-warni. Biarkan dingin di dalam kulkas sebelum disajikan.

    Sus Kering Keju

    (Sumber: Cookpad)

    Bagi pecinta keju, ide kue Lebaran satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat yaitu sus kering. Biasanya kue sus berisi krim rasa vanilla atau cokelat, kamu dapat menggantinya dengan keju. Bahan-bahan yang digunakan yaitu tepung, keju, telur, margarin, air, baking powder, dan garam. Namun untuk membuat sus kering ini kamu membutuhkan mixer untuk mengaduk  adonan dan oven untuk memanggangnya.

    Baca juga: Kue Lebaran yang Wajib Dihidangkan Saat Idul Fitri

    Subscribe berita terbaru dari blog Sahabat SiCepat

    Stay Connected

    88,466FansLike
    41,800FollowersFollow
    54,500FollowersFollow
    31,300FollowersFollow

    Recent Comments