Sunday, September 25, 2022
34.6 C
Jakarta
More

    Cara Aman Mengolah dan Memasak Jamur

    Aneka masakan berbahan dasar jamur mungkin sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Citarasanya yang tidak begitu spesial dicampur dengan bumbu-bumbu khas masakan Indonesia membuat hidangan jamur terasa lebih sedap di lidah.

    Namun, memasak jamur tak sepenuhnya mudah dilakukan lho! Terkadang, salah mengolah dan memasak justru membuat hidangan jamur yang kamu buat tak mempunyai rasa yang spesial.

    Nah, bagaimana sih cara mengolah dan memasak jamur yang aman sehingga bisa menghasilkan hidangan yang enak dan menggoyang lidah? Yuk simak tipsnya!

    Saat memilih jamur

    Sebelum mulai memasak. Pastikan jamur yang akan kamu masak adalah jamur yang bisa dikonsumsi dan tak beracun ya! Beberapa jenis jamur yang dijual di supermarket adalah jamur yang aman dikonsumsi. Saat memilih jamur, pastikan kamu memilih yang kondisinya masih segar. Jamur yang segar biasanya akan merekah, berwarna cerah, berbau segar, tidak basah, dan tak berlendir. Jangan lupa untuk mengecek tanggal kadaluarsanya juga ya, ladies.

    Saat menyimpan jamur

    Jamur dianjurkan untuk dikonsumsi sesegera mungkin, karena bahan makanan satu ini sangat sensitif. Jamur sangat sensitif dengan suhu dan tekanan jadi simpanlah jamur dalam kontainer terbuka atau plastik yang sudah dilubangi. Hal ini bisa membantu jamur untuk “bernafas” sekaligus terhindar dari gesekan atau tekanan dari bahan makanan lain di kulkas. Tak perlu mencuci jamur lebih dahulu sebelum disimpan di kulkas. Biasanya, jamur akan bertahan segar hingga lima hari jika disimpan di dalam kulkas sejak pertama kali dibeli.

    Saat mencuci jamur

    Sama seperti bahan makanan lainnya, jamur juga perlu dibersihkan sebelum dimasak. Hanya saja, cara mencuci jamur harus diperhatikan. Sebaiknya, jangan merendam jamur, mengguyur atau mencucinya di bawah kran air mengalir karena hal ini akan menyebabkan jamur menjadi lembek. Saat mencuci jamur. Kamu cukup mengelapnya dengan kain basah untuk membersihkan tanah dan kotoran yang menempel di badan jamur ya.

    Saat memasak jamur

    Saat sudah dicuci dengan bersih, jamur siap untuk dimasak. Eits! Tapi memasak jamur ini sangat tricky lho, ladies. Jamur memang bisa diolah dengan berbagai macam cara mulai dari direbus, ditumis, digoreng, dijadikan sup, hingga dijadikan keripik. Namun, kamu harus bisa nih mencocokan jenis jamur dengan masakan yang ingin kamu buat, agar hasil masakanmu maksimal dan enak di lidah. Jika ingin membuat saus jamur, pilihkah jamur merang atau jamur kancing, tetapi jika ingin membuat jamur crispy pilihlah jenis jamur enoki atau merang. Selain kecocokannya dengan cara pengolahannya, jamur juga sebaiknya tidak dimasak terlalu lama ya! Selain tekstur jamur yang unik akan menghilang, cita rasanya juga akan berubah drastis. Nah, hal ini akan membuat masakan jamurmu tak terasa apapun, ladies. Jadi, pastikan memasak jamur dengan waktu yang sesuai dan jangan terlalu lama ya!

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here