Thursday, August 18, 2022
25.7 C
Jakarta
More

    Cara Mudah Atasi Demam Setelah Vaksinasi

    Demam setelah melakukan vaksinasi umumnya dialami sebagian orang. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan stamina tubuh, sehingga beberapa efek samping vaksin turut dialami.

    Demam setelah vaksin booster menjadi hal yang tidak perlu di khawatirkan. Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Satgas COVID-19, demam menjadi salah satu Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI) setelah vaksin booster dan enanganannya pun dapat dilakukan dengan mudah.

    Meskipun beberapa efek samping dapat mempengaruhi aktivitas, kamu tidak perlu khawatir karena ini akan hilang dalam beberapa hari. Di antara orang yang telah menjalani vaksinasi bahkan tidak memiliki efek samping atau hanya mengalami sedikit efek samping.

    Jika kamu mengalami efek samping samping seperti demam, berikut beberapa cara sederhana yang perlu lakukan untuk mengatasinya:

    Istirahat

    Photo by John-Mark Smith from Pexels

    Setelah melakukan vaksin, biasanya kamu akan diminta untuk menunggu terlebih dahulu sekitar 30 menit untuk melihat efek sampingnya. Selanjutnya kamu disarankan untuk beristirahat yang cukup dan jangan melakukan banyak aktivitas. Hal ini karena suhu tubuh akan semakin tinggi apabila seseorang melakukan banyak aktivitas dan kelelahan.

    Tetap hidrasi

    Ketika demam setelah vaksin booster usahakan mengkonsumsi banyak cairan demi mencegah terjadinya dehidrasi. Hal ini juga akan membantu menurunkan suhu tubuh.

    Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Terbukti Mengurangi Dampak Risiko dari Long Covid

    Konsumsi makanan yang bergizi

    Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan penuh serat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Semakin sehat asupan gizi yang didapatkan, semakin cepat meredakan demam setelah vaksin booster.

    Minum obat

    Photo by Bermix Studio from Unsplash

    Jika kamu mulai merasakan kenaikan suhu tubuh atau demam, maka segeralah minum obat yang dibutuhkan. Salah satunya seperti paracetamol untuk mengatasi demam dan nyeri yang kamu alami. Kamu juga bisa rendam waslap ke dalam air dingin untuk mengompres area suntikan yang terasa nyeri. Selain itu juga bisa menggunakan es batu yang dibalut dengan kain.

    Periksakan diri ke dokter

    Photo by Cottonbro from Pexels

    Walaupun kemungkinan efek samping serius dari vaksin Covid-19 sangat kecil, kamu tetap harus waspada terhadap beberapa gejala-gejala yang tidak umum. Kamu dianjurkan mengunjungi dokter apabila mengalami gejala seperti kemerahan atau nyeri di bekas suntikan memburuk setelah 24 jam, muncul reaksi alergi parah setelah vaksinasi, dan efek samping yang mengkhawatirkan serta tampaknya tidak akan hilang setelah beberapa hari.

    Baca juga: Sudah Vaksin Lengkap, Naik Pesawat Tidak Perlu PCR Lagi

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here