Thursday, August 18, 2022
26.8 C
Jakarta
More

    Cara Persiapkan Anak untuk Belajar Puasa Ramadan

    Ramadan selalu menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam tak terkecuali anak-anak. Bagi para orang tua, bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk mengajarkan anak berpuasa.

    Pastinya ada banyak kesulitan yang akan dialami para orang tua saat mengajarkan ibadah puasa pada anak. Apalagi bila sang anak belum akil balik sehingga tidak wajib berpuasa. Namun tentu saja anak-anak perlu dilatih agar terbiasa nantinya. Tak ada salahnya mengajarkan anak berpuasa sedini mungkin agar siap saat nantinya setelah dewasa.

    Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua untuk melatih anak berpuasa dikutip dari berbagai sumber:

    Latih secara bertahap

    Photo by Annushka Ahuja from Pexels

    Berpuasa tentu memerlukan kesiapan fisik dan mental. Jika ingin melatih anak kecil berpuasa, lakukanlah secara bertahap. Misalnya puasa setengah hari dan anak-anak bisa memulai setelah waktu sahur hingga jam makan siang. Kemudian tambah durasinya secara bertahap untuk membiasakan diri. Saat mengajarkan puasa, hendaknya orang tua memberikan kenyamanan dan juga pengertian kepada anak.

    Persiapkan makanan yang sehat

    Photo by Alex Green from Pexels

    Saat sahur ataupun berbuka, selalu sediakan makanan sehat yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi di bulan puasa. Dengan mempersiapkan makanan yang sehat, maka akan mendorong semangat sang anak dalam melaksanakan ibadah puasa. Selain itu, juga membuat aktivitas anak selama menjalankan puasa akan lebih maksimal.

    Baca juga: Koleksi Buku dan Mainan Edukasi Anak dari Pustaka Baru

    Berikan motivasi

    Agar anak semangat berpuasa, maka berikan kalimat motivasi sesering mungkin. Misalnya “enak ya puasa,” “Allah sayang orang Islam yang rajin puasa,”. Motivasi ini tentu bertujuan ketika anak kuat berpuasa dari pagi hingga siang hari, beri mereka pujian dan semangat agar bisa meningkatkannya.

    Ajarkan anak mengenai keutaaman dan amalan puasa

    Photo by Rawpixel from Freepik

    Sembari anak berpuasa, para orang tua juga perlu mengajarkan makna dari puasa. Berikan pemahaman-pemahaman mendasar mengenai makna puasa seperti menahan dari berbagai nafsu hingga mensyukuri nikmat dari Allah SWT. Ajarkan pula anak beberapa amalan yang dapat dilakukan selama berpuasa seperti membaca Al-Quran dan berbagai dengan orang-orang yang membutuhkan.

    Berikan penghargaan untuk pencapaian anak

    Photo by Racool_studio from Freepik

    Saat anak belajar puasa, akan lebih baik jika orang tua memberikan penghargaan atas pencapaian yang telah dilalui anak, seperti memberikan kata-kata semangat atau membuat makanan yang mereka sukai. Adanya penghargaan yang diberikan oleh orang tua akan membuat anak semakin bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa.

    Baca juga: 5 Tips Anak Stylish dengan Baby Costumes ID

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here