Tuesday, January 18, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jenis Vaksin Covid-19 Untuk Anak Usia 2 Tahun

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Vaksinasi Covid-19 masih terus berlangsung di berbagai negara. Hingga kini, vaksinasi Covid-19 diperuntukan untuk anak-anak berusia 12 tahun hingga lanjut usia. Melansir dari Halodoc.com, pemerintah India telah resmi merekomendasikan vaksin Covid-19 bagi anak-anak berusia 2 tahun ke atas.

Vaksin Covaxin merupakan jenis vaksin yang bisa digunakan oleh anak-anak dengan usia 2 tahun ke atas. Diketahui, vaksin ini telah dikembangkam oleh Bharat Biotech dan penggunaan pada anak usia 2-18 tahun sudah direkomendasikan oleh The Subject Committee (SEC).

Baca juga: Tanggapan WHO Tentang Mencampur Dosis Vaksin

Mengenal jenis vaksin Covaxin untuk anak

Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Jenis vaksin yang satu ini direkomendasikan oleh The Subject Expert Committee (SEC) untuk digunakan di negara India. Rekomendasi penggunaannya telah diserahkan kepada Drugs Controller General od India (DGCI) yang memberikan persetujuan terakhir untuk vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 2 tahun ke atas.

Vaksin Covaxin dikembangkan dari virus Corona yang tidak aktif atau inactived viruses. Vaksin ini dinilai cukup efektf untuk mencegah dampak buruk dari virus corona dan varian lainnya. Bharat Biotech menguji coba Covaxin pada anak-anak sekitar bulan Juli pada saat serangan virus Covid-19 gelombang kedua varian Delta menyerang negara India. Akan tetapi, hingga saat ini belum ada kepastian kapan Covaxin dapat diberikan pada anak-anak.

Sebelumnya, jenis vaksin ini digunakan oleh India sebagai upaya vaksinasi pada orang dewasa. Covid-19 pada anak-anak memicu berbagai gangguan kesehatan yang berbahaya. Selain itu, dampak pasca Covid-19 dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan pada anak.

“Anak-anak yang memiliki penyakit komorbid perlu menjalani vaksinasi Covid-19 sesegera mungkin. Sedangkan untuk anak-anak yang sehat terbilang aman untuk menunggu orang dewasa menjalani vaksin secara keseluruhan,” tutur Dr. Gagandeep Kang, Profesor di Christian Medical, Vellore.

Baca juga: Tetap Jaga Imun Walaupun Sudah Vaksin

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Tips Travel Hemat pakai Poin GRES

Halo, Sahabat Sicepat! Kamu seorang traveler dan suka mencari harga hemat untuk transportasi saat travel nanti? Sekarang kamu bisa...

Tempat Makan Hits di Kemang, Aesthetic a la Jaksel

Siapa yang tidak tahu Kemang? Salah satu wilayah di Jakarta Selatan ini sudah menjadi tolak ukur anak muda untuk...

Tanaman Hoki untuk Rumah Menurut Feng Shui

Pandemi Covid-19 semakin meningkatkan tren tanaman hias semakin meningkat. Aktivitas ini tentunya dilakukan masyarakat untuk dapat tetap beraktivitas meskipun...

Populer Artikel