Wednesday, September 22, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Cara Pilih Influencer Marketing yang Tepat

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Saat ini, beberapa aspek kehidupan membutuhkan media sosial, salah satunya dalam berbisnis. Menggunakan media sosial untuk bisnis biasanya menggunakan strategi influencer marketing sebagai teknik pemasaran untuk meningkatkan reputasi brand kamu.

Untuk kamu yang bermain di ranah industry B2C, dengan banyaknya influencer di media sosial, merupakan salah satu kesulitan untuk memutuskan siapa influencer yang tepat untuk brand kamu.

Influencer marketing yang dilakukan tentunya tidak hanya berlaku untuk kaum selebritas saja. Brand akan selalu mencari seorang influencer yang memiliki pengaruh dalam menjangkau audiens yang luas dan memiliki keterlibatan yang baik dengan para audiensnya (engagement yang tinggi). Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memilih influencer yang tepat untuk bisnis kamu.

Menggunakan influencer marketing platform

Influencer marketing platform dapat membantu kamu menemukan influencer untuk bisnis kamu dengan cepat dan mudah. Platform ini memungkinkan kamu untuk mencari database influencer dan menyaring berdasarkan jangkauan, kategori, keterlibatan, platform sosial, dan lainnya.

Kamu dapat mendorong peningkatan awareness yang efektif, bahkan meluncurkan, melacak, dan mengukur kampanye kamu menggunakan platform ini. Ada beberapa influencer marketing platform yang dapat kamu cek, seperti AspireIQ, CreatorIQ, Upfluence dan Heepsy.

Penggunaan hashtag di media sosial

Hashtag “#”  membuat konten lebih mudah dicari dan diakses di media sosial. Cari hashtag  yang relevan dengan brand  kamu. Hal ini dapat membantu kamu menemukan influencer  untuk bisnis kamu di bagian top post. Kamu dapat menemukan influencer dengan berbagai cara yang relevan di Instagram dengan menggunakan hashtag #sponsor, #ad, #blogger, #paid, atau #influencer.

Menggunakan media sosial dan blog

Mencari influencer  juga dapat dilakukan dengan cara mencari akun-akun yang ‘membicarakan’ seputar industry yang sedang kamu jalani di media sosial. Kamu dapat mencari ulasan dan artikel blog yang membahas produk yang kamu pasarkan, serta kerja sama yang dilakukan pihak-pihak lainnya.

Google Alerts

Google Alerts merupakan metode lainnya yang dapat kamu lakukan untuk menemukan influencer. Lakukan pengaturan pada akun google kamu agar Google dapat memberikan peringatan  atau ‘alert’ untuk kata kunci yang relevan dengan topik atau brand yang kamu cari. Ini akan membantu kamu menemukan orang-orang yang menulis tentang topik yang berkaitan dengan industri atau produk kamu.

Blogger outreach platform

Blogger outreach platform ditujukan agar perusahaan atau brand bekerja sama dan memanfaatkan influencer  yang telah memiliki pengikut yang memiliki kenaikkan signifikan dan interaktif untuk meminta mereka membuat konten mengenai produk atau layanan yang ditawarkan brand  tersebut. Beberapa blogger outreach platform yang terkenal, contohnya Buzzsumo, Ninja Outreach, Mailshake dan masih banyak lagi.

Kriteria memilih influencer marketing

Ayla Dimitri, salah satu influencer marketing Indonesia yang dipilih oleh berbagai brand untuk mempromosikan produknya.

Memperhatikan relevansi

Kamu perlu mempertimbangkan seberapa baik konten yang akan dihasilkan oleh influencer tersebut. Apakah kontennya selaras dengan pesan yang ditawarkan oleh bisnis kamu. Kamu perlu memeriksa secara detail postingan influencer dalam bentuk caption dalam feed  mereka atau tulisan yang mereka tulis di blog mereka. Hal ini dilakukaan agar mendapatkan gambaran tentang target audiens dan niche  kamu terlebih dahulu, kemudian mencari influencer  yang memiliki target audiens, dan niche  yang serupa dengan brand  kamu.

Target audiens

Audiens adalah salah satu dari tuga landasan strategi pemasaran influencer.  Sering terjadi, brand  gagal mendefinisikan target audiens mereka. Kamu perlu mendifinisikan target market dan target market dan target audiens terlebih dahulu, kemudian memastikan bahwa target audiens influencer  yang kamu gunakan serupa dengan target audiens kamu.

Pilih jejaring sosial yang tepat

Satu influencer bisa memiliki berbagai akun sosial media, mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, hingga LinkedIn. Maka dari itu, kamu perlu mempertimbangkan strategi pemasaran media sosial yang paling sesuai dengan penggunakaan dan cara penyampaian pesan yang tepat dari masing-masing media sosial tersebut untuk mencapai KPI dan target pasar yang telah ditentukan.

Komitmen influencer marketing

Jumlah followes influencer  adalah hal ke-sekian yang perlu dipertimbangkan. Hal utama jika bekerja sama dengan influencer  adalah komitmen mereka dalam memasarkan atau membuat konten secara aktif tentang produk/brand kamu yang dapat menstimulasi audiens. Untuk itu, kamu perlu mengetahui bagaimana tingkat keterlibatan influencer  dengan para audiensnya.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Indonesia Pasti Bisa Buka Sentra Vaksinasi 2.500 Dosis di Kota Semarang

Gerakan Indonesia Pasti Bisa bersama Dinas Kesehatan Kota Semarang membuka sentra vaksinasi di Mall Tentrem, Semarang pada 20-21 September...

Indonesia Pasti Bisa Salurkan Obat Remdesivir Ke dr. Gunawan

Indonesia Pasti Bisa mendapatkan donasi berupa obat Covid-19, yaitu Remdesivir dari salah satu donatur. Obat Covid-19 Remdesivir ini langsung...

SiCepat Ekspres Raih 2 Penghargaan Dalam Ajang OMNI Brands Award 2021.

SiCepat Ekspres berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang OMNI Brands Award 2021 yang diselenggarakan oleh Marketeers. SiCepat Ekspres...

Populer Artikel