Thursday, December 1, 2022
31.1 C
Jakarta
More

    Definisi dan Jenis Copywriting yang Penting untuk Pelaku UMKM Ketahui!

    Di era digitalisasi yang semakin berkembang ini, pelaku usaha atau UMKM mau tidak mau harus berpikir berbagai jenis strategi bagaimana caranya agar produk jualan mereka dilirik oleh calon pelanggan. Salah satu strategi pemasaran yang bisa digunakan adalah teknik copywriting.

    Singkatnya, copywriting merupakan kreasi dari konten berupa teks yang digunakan untuk meyakinkan pelanggan untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan. 

    Dengan hanya bermodalkan kata-kata, kamu sudah bisa membuat calon pelanggan yang tadinya tidak tertarik sama sekali, jadi ingin tahu tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Kamu bisa mengkreasikan dengan cerita atau informasi yang disukai atau dibutuhkan oleh calon pelanggan dan menyelipkan promosi produk atau layanan yang dijual.

    Maka dari itu, sebagai seorang pemilik bisnis khususnya UMKM sangat perlu untuk mengetahui berbagai macam jenis dari copywriting. Simak selengkapnya berikut ini:

    Direct Response Copywriting

    Direct response copywriting berfungsi untuk memperoleh tanggapan langsung dari para konsumen. Copywriting ini akan mengarahkan konsumen untuk menekan tombol call to action (CTA) atau halaman dalam sebuah website.

    Brand Copywriting

    Jenis ini merupakan copywriting yang fokus untuk menyampaikan dan memperkenalkan identitas dari suatu merek (brand). Di sisi lain, copywriting jenis ini juga yang membedakan sebuah brand dengan para kompetitornya.

    Marketing Copywriting

    Marketing copywriting merupakan teknik yang bertujuan untuk menawarkan suatu produk, menyampaikan manfaat dari produk tersebut, dan memberikan solusi kepada konsumen.

    Social Media Copywriting

    Social media copywriting bertujuan untuk melibatkan konsumen melalui postingan yang dikemas sedemikian rupa, sehingga pelanggan dapat mengingat brand tersebut.

    SEO Copywriting

    SEO copywriting berfokus untuk menarik perhatian para konsumen dalam mesin pencari seperti Google. Umumnya digunakan dalam deskripsi produk, landing page, kategori suatu produk yang nantinya konsumen akan mengetahui informasi tersebut sebelum membelinya.

    Technical Copywriting

    Copywriting jenis ini lebih berfokus dalam memberikan pengetahuan yang mendalam terkait cara kerja suatu produk ataupun layanan. Umumnya jenis copywriting ini digunakan pada produk kecantikan, teknologi ataupun produk kesehatan.

    Baca juga: Percepat Digitalisasi UMKM, SiCepat Luncurkan Program SANUBARI

    Ingin tahu lebih mendalam tentang teknik copywriting untuk menarik lebih banyak calon pelanggan? Segera daftarkan diri kamu untuk untuk mengikuti sesi Webinar SANUBARI sesi pertama ‘Story Telling Jualanmu Lewat Copywriting’ yang diadakan, Kamis 7 Juli 2022 melalui Zoom. Langsung aja daftar melalui link pendaftaran https://bit.ly/WebinarSanubariSesi1 

    Kamu juga bisa kepoin informasi mengenai webinar melalui media sosial @sicepat_ekspres@sahabatsicepat dan @sanubarisicepat  atau mengunjungi website www.sicepat.com dan blog www.sahabatsicepat.com.

    Baca juga: Belajar Bareng Copywriting Lewat Webinar Sanubari SiCepat

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here