Wednesday, October 27, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Departemen Recruitment and Talent Acquisition

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Departemen Recruitment dan Talent Acquisition SiCepat Ekspres merupakan dua bagian departemen yang memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM), baik melalui jalur internal maupun eksternal. Departemen recruitment bertanggung jawab atas proses perekrutan calon karyawan, serta memenuhi kebutuhan SDM yang direncanakan setiap tahunnya oleh tiap departemen. 

Departemen Recruitment juga memastikan target pemenuhan SDM dengan mengutamakan prinsip “finding the right man at the right place”. Sedangkan, Talent Acquisition bertanggung jawab untuk mencari orang-orang yang bertalenta di perusahaan melalui proses assessment untuk mengisi level-level yang lebih tinggi. 

Departemen Recruitment bertujuan membantu kelancaran operasional masing-masing departemen yang ada di kantor SiCepat Ekspres dengan cara menyediakan orang-orang atau sumber daya yang kompeten, serta good attitude sehingga dapat membantu SiCepat dalam bisnisnya. Sementara, Talent Acquisition bertujuan melihat sejauh mana karyawan yang ada saat ini memiliki kompetensi yang diperlukan atau sesuai dengan pekerjaan dan tugas yang ia lakukan saat ini dapat dikembangkan sehingga mereka bisa mengisi posisi-posisi yang lebih strategis di masa yang akan datang. 

Kedua departemen ini berfungsi untuk mencari dan menyeleksi talent-talent baik eksternal maupun internal. Talent eksternal adalah orang atau calon karyawan yang berasal dari luar. “Kami mencari calon karyawan secara eksternal dengan cara pasang pengumuman, informasi lowongan kerja. Kami membuka lowongan kerja dari sumber-sumber eksternal untuk bisa masuk ke SiCepat Ekspres yang sebelumnya bekerja di tempat lain,” jelas Adhi Setiawan, Recruitment & Talent Acquisition Junior Manager.

Sementara itu, untuk pencarian talent melalui internal, tim Recruitment & Talent Acquisition mencari dengan melihat potensi dari karyawan yang sudah bekerja di SiCepat Ekspres. “Misalkan, karyawan ‘A’ sesuai dengan bidangnya, potensi apa yang ia miliki, apakah ia bisa dipindahkan ke level yang lebih tinggi baik di departemen yang sama atau di departemen lain. Hal ini termasuk promosi dan mutasi karyawan,” tutur Adhi.

Tim Recruitment & Talent Acquisition Junior Manager merupakan gerbang pertama dalam proses pencarian calon kandidat yang memiliki kompetensi, knowledge, dan attitude yang sesuai agar meminimalisir risiko mendapatkan orang-orang yang tidak kompeten. “Kami menjadi sangat penting karena kami memerlukan assessment yang menjadi sumber informasi sebagai penilaian orang tersebut untuk bisa menjadi karyawan atau dipromosikan ke jenjang yang lebih tinggi,” ungkap Adhi. 

Kesuksesan departemen Recruitment & Talent Acquisition Junior Manager tentunya tidak lepas dari team work, open communication, dan perencanaan kerja yang matang. Komunikasi antar departemen juga menjadi faktor penting dalam menjalankan pekerjaan agar tidak terjadi hambatan. “Proses sebuah perekrutan membutuhkan ruangan, seperti interview, tes, dan sebagainya. Setiap user memerlukan itu dan jangan sampai terjadi kesalahpahaman komunikasi agar proses perekrutan tidak terhambat,” ucap Adhi. 

Selain menjalin komunikasi yang baik dengan tim, menjalin komunikasi dengan departemen lain juga menjadi penting agar tidak terjadi kendala dalam proses bisnis yang berjalan. “Kompetensi menjadi hal utama bagi tim kami, hal itu harus dijaga karena mempengaruhi hasil akhir. Kecepatan bekerja juga menjadi penting karena untuk mencapai target-target dan proses bisnis tidak terhambat,” jelas Adhi. 

Ingin tahu apa yang ada di dalam kantor SiCepat Ekspres? Baca juga Mengenal Corporate Communication SiCepat Ekspres!

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Pakai Aplikasi PeduliLindungi Tanpa HP Untuk Siswa Dan Lansia

Sekolah pada umumnya melarang siswa untuk membawa ponsel. Namun, saat ini kita sangat membutuhkan ponsel untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi...

Si Kecil Tidur Pulas dengan Kelambu NS Gallery

Tidur pulas pada anak atau bayi merupakan dambaan bagi setiap orang tua. Ketika si kecil tidur pulas, hal ini...

SiCepat Ekspres Menambah Kepemilikan Saham Di DMMX

PT SiCepat Ekspres Indonesia (SiCepat) kembali menambah kepemilikan sahamnya di PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX). Dengan ini, maka SiCepat...

Populer Artikel