Wednesday, October 27, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mengenal Corporate Communication SiCepat Ekspres

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

“Corporate image is the consumer’s response to the total offering and is defined as a sum the belief, ideas, and impressions that a public has to an organization” – Phillipe Kotler. Dari ungkapan Kotler tersebut, dapat diartikan bahwa citra perusahaan merupakan sebuah respon konsumen pada keseluruhan penawaran yang diberikan dan didefinisikan sebagai sejumlah kepercayaan, ide-ide, dan kesan masyarakat pada suatu organisasi.

Bisa dibilang, citra yang dimiliki oleh suatu perusahaan merupakan salah satu aset terpenting yang harus terus menerus dibangun dan dipelihara. Karena secara langsung, hal tersebut memberikan dampak pada proses pembuatan keputusan oleh konsumen untuk menggunakan barang atau jasa dari sebuah perusahaan. Bagaimana caranya untuk bisa menimbulkan citra perusahaan yang positif di benak masyarakat? Tentu hal tersebut menjadi sebuah tugas yang harus dilakukan oleh Corporate Communication yang dimiliki oleh perusahaan.

Corporate Communication menjadi salah satu ujung tombak dalam perusahaan dalam rangka menjaga citra di hadapan publik. Citra yang dimiliki perusahaan tersebut tidak bisa direkayasa dan juga tidak terbentuk dengan sendirinya, melainkan dibentuk oleh masyarakat, melalui berbagai komunikasi yang telah dilakukan oleh perusahaan.  Divisi Corporate Communication inilah yang bertugas menjalankan segala bentuk strategi komunikasi ini dengan tujuan untuk membentuk citra positif perusahaan di mata publik.

Menyadari pentingnya menjaga citra positif perusahaan, terlebih untuk perusahaan dengan usia yang masih belia dan mengalami perkembangan pesat, SiCepat Ekspres di tahun 2019 menghadirkan divisi baru di Departemen Marketing, yakni Corporate Communication untuk bisa menjalankan strategi komunikasi demi membangun citra perusahaan yang baik di hadapan publik.

Hadirnya Corporate Communication di SiCepat Ekspres memiliki berbagai peran penting dalam keberlangsungan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan. Menurut Wiwin Dewi Herawati selaku Chief Marketing Officer SiCepat Ekspres, semakin berkembangnya sebuah perusahaan tentu citra positif menjadi hal yang sangat penting untuk terus dibangun, tujuannya tak hanya untuk menjaga kepercayaan konsumen, namun juga menjaga kepercayaan para stakeholders, termasuk para pemegang saham/investor, pemerintah, bahkan para kompetitor bisnis.

Tugas dan Fungsi Corporate Communication

Jika melihat dari peran dan fungsinya di dalam perusahaan, Corporate Communication di SiCepat Ekspres sendiri bertugas untuk menjalankan komunikasi baik kepada internal, maupun eksternal perusahaan. Fungsi komunikasi ini dijalankan dengan berbagai cara dan strategi yang beragam.

Rangga Andriana, Corporate Communication SiCepat Ekspres

“Secara umum, tugas dari tim Corporate Communication SiCepat sendiri adalah untuk menjalankan komunikasi baik ke internal karyawan perusahaan maupun ke pihak eksternal perusahaan seperti rekan media, investor, pemerintah, hingga masyarakat umum. Dalam menjalankan fungsi tersebut, kami menggunakan berbagai strategi komunikasi yang berbeda yang disesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan, serta siapa audiencenya,” ujar Rangga selaku Supervisor Corporate Communication SiCepat Ekspres.

Sebagai contoh, dalam menjalankan fungsi komunikasi internal perusahaan, tim Corpcomm SiCepat berusaha secara maksimal untuk bisa menyebarluaskan informasi terkait update mengenai apa yang telah dilakukan oleh perusahaan kepada seluruh karyawan internal. Penyebarluasan informasi ini dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menghadirkan sebuah majalah internal perusahaan yakni Majalah SiGesit sebagai media yang dapat merangkum informasi tersebut dalam bentuk yang lebih ringkas dan menarik.

Majalah SiGesit sebagai media internal yang dimiliki perusahaan ini merangkum update terkait perkembangan, kegiatan, hubungan kerjasama, kebijakan, hingga pencapaian perusahaan secara berkala dalam kurun waktu satu bulan. Tujuan utamanya adalah, sebagai media informasi bagi karyawan internal untuk lebih mengenal perusahaan sehingga meningkatkan engagement terhadap perusahaan. Tak hanya melalui majalah internal saja, tim Corpcomm SiCepat juga berusaha menyebarluaskan informasi terkait perusahaan tersebut melalui media lainnya, seperti newsletter, dan juga surat edaran.

Hadirnya media informasi berupa majalah internal ini juga tak hanya ditujukan untuk karyawan internal saja, melainkan juga untuk pihak eksternal perusahaan. Tujuannya adalah untuk membangun citra positif di benak pihak eksternal baik stakeholder, pemerintah, dan masyarakat tentang SiCepat Ekspres sebagai sebuah perusahaan yang potensial.

Tak hanya itu, tugas lain yang diemban oleh Tim Corporate Communication SiCepat Ekspres dalam rangka menjaga citra perusahaan adalah menjalin hubungan baik dengan para rekan media dan wartawan. Majalah internal yang dimiliki oleh perusahaan tidak bisa memeberikan coverage yang luas dan mencakup masyarakat, sehingga dibutuhkan exposure dari media massa, yakni melalui rekan media/wartawan melalui berita yang ditulis terkait perusahaan.

Tim Corporate Communication SiCepat Ekspres

Hubungan baik yang dijalin oleh perusahaan dan rekan media tentunya sangat berdampak kepada citra perusahaan. Mengingat, masyarakat mengandalkan media massa sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya. Untuk menjalin hubungan baik tersebut, tim Corporate Communication SiCepat Ekspres pun berusaha untuk terus berkomunikasi dan menerbitkan press release berkualitas yang bisa membantu para rekan media saat penulisan berita.

Kemudian, salah satu peran dan tugas yang dijalan oleh Corporate Communication selanjutnya adalah bertanggung jawab atas kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh perusahaan. Sebagai perusahaan yang menjalankan bisnisnya di tengah masyarakat, tentu SiCepat Ekspres memiliki tanggung jawab sosial yang harus dijalankan kepada masyarakat sebagai bentuk kontribusi nyata. Kegiatan-kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan untuk membantu dan memberdayakan masyarakat ini juga memiliki tujuan yang sama, yakni membangun citra positif perusahaan di benak masyarakat.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Corporate Communication memunyai tugas yang sangat sensitif. Tak hanya menjaga citra diantara internal karyawan saja, melainkan juga harus menjaga kepuasan dan menjalin hubungan baik dengan para stakeholder termasuk pemegang saham/investor, pemerintah, rekan media hingga masyarakat. Corporate Communication juga bertanggung jawab atas pencegahan dan pemecahan krisis yang dapat dialami oleh perusahaan.

Baca juga Marketing Communication SiCepat Ekspres

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Pakai Aplikasi PeduliLindungi Tanpa HP Untuk Siswa Dan Lansia

Sekolah pada umumnya melarang siswa untuk membawa ponsel. Namun, saat ini kita sangat membutuhkan ponsel untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi...

Si Kecil Tidur Pulas dengan Kelambu NS Gallery

Tidur pulas pada anak atau bayi merupakan dambaan bagi setiap orang tua. Ketika si kecil tidur pulas, hal ini...

SiCepat Ekspres Menambah Kepemilikan Saham Di DMMX

PT SiCepat Ekspres Indonesia (SiCepat) kembali menambah kepemilikan sahamnya di PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX). Dengan ini, maka SiCepat...

Populer Artikel