Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Durian yang Diolah Menjadi Topping Ketan

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Durian memang menjadi buah yang selalu menjadi perdebatan antara masyarakat. Ada yang bilang sangat nikmat, ada juga yang sangat tidak menyukai buah yang satu ini karena baunya yang menyengat. Buat kamu yang sangat menyukai buah ini, kamu bisa menyajikannya dengan cara apa pun dan tetap memiliki ciri khas rasa yang kuat. 

Selain dinikmati secara langsung, buah dengan kulit berduri ini bisa kamu olah menjadi berbagai hidangan penutup yang lezat, salah satunya ketan saus durian. Ketan durian biasa dinikmati warga Sumatera Barat, tetapi di daerah Jawa, ketan durian dikenal dengan saus gula merah.

Buah durian segar bisa ditambahkan sebagai topping ketan. Kamu bisa memilih durian masak pohon dengan daging buah yang masih kokoh dan tidak terlalu lembek. Berikut resep ketan durian yang bisa kamu coba di rumah! 

Photo by iStockphoto

Dalam total waktu penyajian 90 menit kamu bisa menghasilkan 30 porsi hidangan penutup yang manis ini. Bahan-bahan yang diperlukan, yakni 500 gram beras ketan putih, 1 lembar daun pandan, ½ sdt garam, 500 ml santan sedang, 250 gram daging buah durian masak. Untuk sausnya, kamu memerlukan 500 ml santan segar, 100 gram gula aren, 1 sdm gula pasir, 1 lembar daun pandan (dipotong-potong), ½ sdt garam, dan 1 sdm tepung beras yang dilarutkan dengan sedikit air. 

Cara membuat ketan:

  1. Cuci bersih beras ketan dan rendam dalam air dingin.
  2. Kukus ketan dalam kukusan panas hingga setengah matang, lalu angkat dan pindahkan ke baskom.
  3. Masak santan, daun pandan, dan garam hingga mendidih, kemudian angkat. 
  4. Tuangkan santan ke dalam baskom berisi ketan, lalu aduk hingga santan meresap seluruhnya pada ketan. 
  5. Kukus dalam kukusan panas selama 30 menit hingga matang. 

Cara membuat saus:

  1. Masak santan bersamaan dengan setengah bagian buah durian, gula pasir, gula aren, dan pandan hingga mendidih sampai gula larut. 
  2. Kemudian masukkan larutan tepung beras dan aduk hingga mendidih kental, lalu angkat dan saring. 
  3. Letakkan ketan di piring saji, tuangkan saus dan topping buah durian. Ketan saus durian siap dihidangkan. 

Buat kamu yang tertarik dengan resep ini, pilihlah beras ketan murni tanpa campuran beras agar mendapatkan ketan yang pulen. Rendam ketan selama 30 menit sampai 1 jam dalam air dingin agar lebih lembut. Kamu perlu menyesuaikan jumlah santan dengan beras ketan karena ketan yang pulen lebih sedikit memerlukan santan. Jika menginginkan saus yang lebih bersih, saring saus terlebih dahulu sebelum disajikan. Selamat mencoba!

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel