Saturday, September 25, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Film Action Tahun 2000-an Berdasarkan Kisah Nyata

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Film action merupakan salah satu film yang banyak digemari. Mulai dari peperangan, sejarah, kisah tentang mafia, hingga kasus penipuan. Tidak hanya pemainnya yang menarik perhatian, namun sinematrografi, efek, dan alur cerita, serta kisah nyata di baliknya dapat menarik perhatian masyarakat.

Membuat sebuah film action yang sukses tidak hanya meraih keuntungan besar jika film tersebut banyak disaksikan oleh masyarakat, namun film tersebut juga bisa mendapatkan beberapa penghargaan film bergengsi. Berikut beberapa film aksi tahun 2000-an berdasarkan kisah nyata!

Film action merupakan salah satu film yang banyak digemari. Tidak hanya pemainnya yang menarik perhatian, namun sinematrografi, efek, dan alur cerita, serta kisah nyata di baliknya dapat menarik perhatian masyarakat.

Black Hawk Down (2001)

Photo by YouTube.com/Movieclips Classic Trailers


Ridley Scott sebagai sutradara dari film ini berhasil membuat film Black Hawk Down mendapat berbagai pujian. Film ini merupakan salah satu karya terbaiknya sebagai sutradara. Black Hawk Down mendapatkan dua piala Ocar untuk kategori Best Sound Mixing dan Best Editing. IMDb memberikan skor 7,7 dari 10, sementara Rotten Tomatoes memberikan skor 76, dan Metacritic memberikan skor 74.

Film ini berlatar tempat di Somalia tahun 1993 ketika Amerika mengirim bantuan makanan dan obat-obatan untuk warga Somalia yang kelaparan dengan menggunakan Helikopter Black Hawk. Namun, secara tidak terduga, sekelompok warga Somalia menembak helikopter Black Hawk hingga terjatuh. Kedua helikopter tersebut jatuh di titik perang paling rawan, yakni di Mogadishu. Kedua pemimpin tim Eversmann (Josh Harnett) dan Grimes (Ewan McGregor) harus mencari jalan keluar demi keselamatan anggota tim.

Downfall (2004)

Photo by YouTube.com/Shout! Factory


Film yang disutradarai oleh Oliver Hirschbiegel dan produser Bernd Eichinger berhasil menyabet piala Oscar tahun 2005, untuk nominasi Best Foreign Language Film of the Year. Situs IMDb memberikan penilaian 8,2 dari 10, sementara Rotten Tomatoes memberikan skor 90 persen, dan Metacritic memberikan skor 86.

Film ini menceritakan menit-menit terakhir dari kehidupan seorang Adolf Hitler dan istrinya Eva Braun yang dibuat berdasarkan kesaksian sekretaris pribadinya, Traudl Junge. Traudl menuliskan kesaksiannya dalam sebuah memo di tahun 1974. Lalu di tahun 2002, memo tersebut baru diterbitkan. Traudl Junge dan empat wanita lainnya dikirim ke markas besar Ruhrer di Rastenburg, Prusia Timur. Di antara keempat wanita, Traudl (Alexandra Maria Lara) disukai oleh Hitler (Bruno Ganz) karena keterampilannya.

Puncak dari film ini adalah ketika Jerman mulai terdesak oleh sekutu. Serangan bom Soviet di kota Berlin juga membuat Hitler marah dan menyuruh para jendralnya mencari tahu dari mana asal serangan tersebut. Hilangnya dukungan serangan udara Jerman, membuat Soviet masuk lebih jauh ke dalam kota Berlin. Traudl menulis surat wasiat terakhir Hitler yang berisikan semua pikiran dan tindakannya didasarkan oleh kecintaan, serta kesetiaannya kepada Jerman.

American Gangster (2007)

Photo by YouTube.com/Movieclips Classic Trailers

Ridley Scott kembali menggarap film aksi berdasarkan kisah nyata yang menceritakan sekelompok mafia narkoba berkulit hitam pertama yang berkuasa di New York, Amerika Serikat. IMDb memberikan rating 7,8 dari 10, sementara Rotten Tomatoes memberikan skor 80 persen.

Seorang mafia narkoba bernama Frank Lucas (Denzel Washington) yang memulai kariernya sebagai pengawal dan sopir pribadi Ellsworth ‘Bumpy’ Johnson (Clarence Williams III), mafia narkoba di Harlem, New York. Frank meniru mempelajari bisnis yang dilakukan oleh Bumpy. Setelah Bumpy meninggal, ia pun bertekad melanjutkan bisnis tersebut. Namun, Frank bergerak secara agresif dan melawan arus dengan membeli bahan narkoba langsung ke sumbernya. Merek narkoba milik Frank beredar luas ke seluruh penjuru New York, hingga menghasilkan jutaan dolar.

Keberhasilannya membuat Frank membawa keluarganya untuk ikut hidup di New York. Namun, suatu hari ada kecerobohan yang dibuat oleh sudara Frank sehingga dirinya diselidiki oleh Detektif Richie Robert (Russel Crowe). Frank juga mulai mendapat tekanan dari polisi korup, banyaknya persaingan, dan kecurangan pada merek narkoba yang dijualnya.

Public Enemies (2009)

Photo by YouTube.com/Movieclips Classic Trailers

Film action berdasarkan kisah nyata yang satu ini disutradarai oleh Michael Mann. IMDb memberikan skor 68 persen, sedangkan Metacritic memberikan skor 70.

Public Enemies merupakan film dengan kisah gangster yang bernuansa klasik yang diadaptasi dari buku karya Bryan Burrough yang berjudul ‘Public Enemies: America’s Greatest Crime Wave and the Birth of the FBI, 1933-1934’. Film ini menceritakan seorang perampok bank legendaris John Dilinger. Berlatar belakang di Amerika pada tahun 1933, Red Hamilton (Jason Clarke) bersama rekannya John Dilinger (Johnny Depp) yang tengah menyamar sebagai tahanan ke penjara di negara bagian Indiana. Mereka menyusup untuk membebaskan anggota geng yang ditahan di penjara tersebut.

Sementara itu, di tempat lain ada seorang petugas FBI Melvin Purvis (Christian Bale) yang tengah melakukan perburuan terhadap salah satu pejabat berbahaya Pretty Boy Floyd (Channing Tatum). Berhasil menangkap Floys, Melvin mendapat promosi dari atasannya J. Edgar Hoover (Billy Crudup), lalu ia langsung ditugaskan untuk menangkap John Dillinger.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Mengetahui Resi Palsu

Belanja online di marketplace kini menjadi kebiasaan masyarakat. Segala kebutuhan bisa kamu temukan di marketplace tanpa perlu keluar rumah,...

Vaksinasi Indonesia Pasti Bisa di Kota Tangerang

Gerakan Indonesia Pasti Bisa membuka sentra vaksinasi di Rawa Kucing, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang. Sentra vaksinasi ini...

Batasi Olahraga Saat Alami Covid-19

Olahraga adalah kegiatan yang baik dilakukan untuk menjaga stamina tubuh. Tetapi, ketika kamu didiagnosa Covid-19, sebaiknya jangan asal melakukan...

Populer Artikel