Monday, May 23, 2022
26.1 C
Jakarta
More
    HomeSerba-serbiJust InfoFungsi Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh

    Fungsi Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh

    Tubuh membutuhkan berbagai macam nutrisi. Nutrisi tersebut bisa didapatkan dari makanan yang kita konsumsi dan berguna untuk menunjang kinerja organ-organ tubuh agar tetap optimal. Salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin. 

    Berbagai jenis vitamin, yaitu A, B, C, D, E, dan K, memiliki fungsi yang berbeda-beda bagi tubuh. Vitamin terbagi dalam dua jenis, yaitu vitamin larut lemak dan vitamin larut air. Vitamin A, D, E, dan K merupakan vitamin larut lemak yang akan tersimpan di dalam jaringan hati dan lemak setelah diserap dari asupan makanan. 

    Sementara, vitamin C dan kelompok vitamin B adalah vitamin larut air. Jika jumlahnya berlebih dalam asupan, maka akan terbuang melalui urine dan feses, sehingga tidak tersimpan dalam tubuh. Berikut jenis-jenis vitamin yang berfungsi untuk tubuh yang telah dirangkum dari alodokter.com. 

    Vitamin A

    Vitamin A juga dikenal dengan nama retinol yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama organ mata. Vitamin A juga bermanfaat untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, mendukung perkembangan janin, serta memelihara pertumbuhan gigi dan tulang. 

    Photo by @thiszun (follow me on IG, FB) (Pexels.com)

    Vitamin A dapat berperan untuk mencegah risiko komplikasi dan perburukan penyakit campak, terutama pada anak-anak. Agar kebutuhan vitamin A tercukupi, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, bayam, hati, ikan, ayam, telur, dan produk olahan susu. 

    Vitamin B Kompleks

    Jenis vitamin yang satu ini terdiri dari delapan jenis vitamin B, yaitu:

    • B1 (thiamine),
    • B2 (riboflavin),
    • B3 (niacin),
    • B5 (pantothenic acid),
    • B6 (pyridoxine),
    • B7 (biotin),
    • B9 (folat),
    • B12 (cobalamin).
    Photo by Jacqueline Howell (Pexels.com)

    Seluruh vitamin B kompleks ini berperan penting dalam tubuh untuk mencegah infeksi, meningkatkan fungsi otak, menunjang produksi sel darah merah, meningkatkan energi, membantu proses pencernaan, serta menjaga kesehatan jantung dan saraf. Kebutuhan vitamin B kompleks dapat terpenuhi dengan mengonsumsi produk olahan susu, telur, ayam, bayam, buncis, kacang kedelai, kacang merah, jeruk, pisang, serta semangka. 

    Vitamin C 

    Di masa pandemi seperti sekarang ini, vitamin C paling dicari-cari masyarakat. Bahkan, di awal pandemi, vitamin C sempat sulit ditemukan dan mengalami kenaikan harga karena banyak orang yang memborongnya. 

    Vitamiin C di masa pandemi penting karena dapat meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terserang virus atau penyakit. Vitamin jenis ini juga berperan dalam pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tulang, gigi, serta kulit. 

    Photo by Any Lane (Pexels.com)

    Vitamin C juga berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi, mempercepat penyembuhan luka, serta sebagai antioksidan yang dapat mecegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Untuk mendapatkan vitamin C dari makanan, kamu bisa mengonsumsi buah jeruk, belewah, jambu biji, tomat, stroberi, kiwi, brokoli, kubis, dan paprika merah. 

    Alycia Putri
    Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.

    Subscribe berita terbaru dari blog Sahabat SiCepat

    Stay Connected

    88,466FansLike
    41,800FollowersFollow
    54,500FollowersFollow
    31,300FollowersFollow

    Recent Comments