Thursday, August 5, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Fungsi Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tubuh membutuhkan berbagai macam nutrisi. Nutrisi tersebut bisa didapatkan dari makanan yang kita konsumsi dan berguna untuk menunjang kinerja organ-organ tubuh agar tetap optimal. Salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin. 

Berbagai jenis vitamin, yaitu A, B, C, D, E, dan K, memiliki fungsi yang berbeda-beda bagi tubuh. Vitamin terbagi dalam dua jenis, yaitu vitamin larut lemak dan vitamin larut air. Vitamin A, D, E, dan K merupakan vitamin larut lemak yang akan tersimpan di dalam jaringan hati dan lemak setelah diserap dari asupan makanan. 

Sementara, vitamin C dan kelompok vitamin B adalah vitamin larut air. Jika jumlahnya berlebih dalam asupan, maka akan terbuang melalui urine dan feses, sehingga tidak tersimpan dalam tubuh. Berikut jenis-jenis vitamin yang berfungsi untuk tubuh yang telah dirangkum dari alodokter.com. 

Vitamin A

Vitamin A juga dikenal dengan nama retinol yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama organ mata. Vitamin A juga bermanfaat untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, mendukung perkembangan janin, serta memelihara pertumbuhan gigi dan tulang. 

Photo by @thiszun (follow me on IG, FB) (Pexels.com)

Vitamin A dapat berperan untuk mencegah risiko komplikasi dan perburukan penyakit campak, terutama pada anak-anak. Agar kebutuhan vitamin A tercukupi, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, bayam, hati, ikan, ayam, telur, dan produk olahan susu. 

Vitamin B Kompleks

Jenis vitamin yang satu ini terdiri dari delapan jenis vitamin B, yaitu:

  • B1 (thiamine),
  • B2 (riboflavin),
  • B3 (niacin),
  • B5 (pantothenic acid),
  • B6 (pyridoxine),
  • B7 (biotin),
  • B9 (folat),
  • B12 (cobalamin).
Photo by Jacqueline Howell (Pexels.com)

Seluruh vitamin B kompleks ini berperan penting dalam tubuh untuk mencegah infeksi, meningkatkan fungsi otak, menunjang produksi sel darah merah, meningkatkan energi, membantu proses pencernaan, serta menjaga kesehatan jantung dan saraf. Kebutuhan vitamin B kompleks dapat terpenuhi dengan mengonsumsi produk olahan susu, telur, ayam, bayam, buncis, kacang kedelai, kacang merah, jeruk, pisang, serta semangka. 

Vitamin C 

Di masa pandemi seperti sekarang ini, vitamin C paling dicari-cari masyarakat. Bahkan, di awal pandemi, vitamin C sempat sulit ditemukan dan mengalami kenaikan harga karena banyak orang yang memborongnya. 

Vitamiin C di masa pandemi penting karena dapat meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terserang virus atau penyakit. Vitamin jenis ini juga berperan dalam pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tulang, gigi, serta kulit. 

Photo by Any Lane (Pexels.com)

Vitamin C juga berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi, mempercepat penyembuhan luka, serta sebagai antioksidan yang dapat mecegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Untuk mendapatkan vitamin C dari makanan, kamu bisa mengonsumsi buah jeruk, belewah, jambu biji, tomat, stroberi, kiwi, brokoli, kubis, dan paprika merah. 

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Bakti Sosial Donatur Bersama SiCepat Ekspres dan GBI El Gibbor

Melalui kegiatan bakti sosial, masyarakat Indonesia tidak henti-hentinya memberikan dukungan semangat, serta bantuan untuk mereka yang terdampak pandemi COVID-19...

PPKM Level 4 Dilanjutkan Sampai 9 Agustus 2021

Presiden Joko Widodo mengumumkan PPKM level 4 dilanjutkan di beberapa kabupaten/kota. PPKM level 4 ini akan berlaku mulai dari...

Bangkitkan UMKM Indonesia di Tengah Pandemi

Sebagian produk-produk lokal dan UMKM Indonesia terbukti mampu bersaing dengan merek-merek internasional. Walaupun pada segmen tertentu, seperti produk elektronik,...

Populer Artikel