Friday, July 1, 2022
31.1 C
Jakarta
More

    HIIT Training, Olahraga Efektif untuk Bakar Lemak Perut

    Masalah lemak perut sudah lama menjadi perhatian baik di dunia kesehatan dan olahraga. Maklum saja, baik wanita dan pria sama-sama ingin terlihat ramping tanpa perut besar yang menimbun banyak lemak.

    Untuk terlihat ramping dan sehat, banyak orang beralih melakukan olahraga yang dirancang khusus untuk mengencangkan perut. Namun, banyak para ahli yang mengatakan jika cara ini salah.

    Salah satu cara yang bisa kamu coba untuk kurangi lemak di perut adalah dengan metode HIIT (High Intensity Interval Training). Menurut Dr. Luke James dari Bupa Inggris, jika fokus melakukan latihan perut, maka itu tidak akan efektif dalam membakar lemak perut. Agar lemak hilang, maka perlu dilakukan latihan seluruh tubuh untuk mengatasinya.

    Apa itu HIIT Training?

    HIIT Training merupakan latihan kardio yang menggabungkan kombinasi antara latihan intensitas tinggi dengan intensitas sedang atau rendah dalam jangka waktu tertentu. Latihan ini lebih efektif karena memacu kerja jantung lebih keras sehingga konsumsi oksigen meningkat yang berarti makin banyak lemak terpakai untuk pembakaran.

    Baca juga: Batasi Olahraga Saat Alami Covid-19

    Manfaat HIIT Training

    Latihan dengan teknik HIIT akan memberimu banyak manfaat, selain membakar lemak perut, kamu juga akan mendapat keuntungan lain seperti

    Membakar Lemak Lebih Cepat

    HIIT Training akan lebih banyak membakar lemak dibandingkan jika kamu berolahraga, seperti jogging.

    Menjaga Kesehatan Jantung

    HIIT Training bertujuan untuk memacu jantung dengan aktivitas fisik. Hal ini sudah terbukti berdasarkan hasil studi yang diikuti oleh 46 pria dengan berat badan berlebih dan melakukan sesi HITT selama 20 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu.

    Mendukung Kesehatan Mental

    Selain menjaga kesehatan tubuh, HIIT Training juga ikut mendukung kesehatan mental. Apalagi jiika orang dengan masalah kesehatan mental cenderung malas untuk berolahraga, maka HITT Training merupakan solusi yang baik untuk mereka karena hanya memerlukan waktu sedikit namun memberi dampak besar bagi kesehatan.

    Menurunkan Tekanan Darah

    Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh peneliti, HIIT dapat menurunkan tekanan jantung dan tekanan darah pada pasien obesitas dan cenderung mengidap penyakit darah tinggi. Namun, manfaat HIIT berikut ini kurang bisa dirasakan jika kamu memiliki berat badan ideal dan tekanan darah normal.

    Baca juga: Tips Memilih Pakaian Olahraga Wanita yang Tepat

    Bella Rifanda
    Bella Rifanda
    Working as a Content Writer at SiCepat Ekspres. Food enthusiast.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here