Sunday, October 17, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Batasi Olahraga Saat Alami Covid-19

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Olahraga adalah kegiatan yang baik dilakukan untuk menjaga stamina tubuh. Tetapi, ketika kamu didiagnosa Covid-19, sebaiknya jangan asal melakukan olahraga. Pastikan kondisi kesehatan membaik agar keluhan kesehatan yang kamu alami tidak semakin memburuk.

Sebaiknya kamu istirahat secara optimal ketika mengalami Covid-19. Batasi kegiatan olahraga yang kamu lakukan sehari-hari sampai kondisi kesehatan kamu kembali membaik. Berikut beberapa alasan untuk membatasi olahraga saat alami Covid-19 yang dirangkum dari Halodoc.com!

Dr. Jordan Metzl, mengatakan sebaiknya menunda dan mengurangi kegiatan olahraga selama kamu mengalami Covid-19 hingga dinyatakan sembuh dan tanpa gejala apapun. Melakukan olahraga yang cukup berat dan intens, berisiko menyebabkan gejala dan kondisi kesehatan yang akan memburuk.

Baca juga: Pentingnya Berkumur Untuk Kurangi Infeksi Akibat Virus

Memicu gangguan kesehatan jantung

Menurut American College of Cardiology, cedera jantung akut menjadi salah satu komplikasi yang umum terjadi akibat Covid-19. Sharlynn Tuohy, ahli terapi fisik juga mengatakan berolahraga saat terpapar Covid-19 membuat tubuh membutuhkan oksigen lebih banyak. Hal ini dapat menyebabkan kamu mengalami sesak napas yang lebih buruk

Terjadinya penggumpalan darah

Menurut sebuah penelitian pada American Journal of Hematology, penggumpalan darah disebabkan infeksi parah yang meningkatkan kadar protein pembekuan darah dalam tubuh. Olahraga akan menjadi kegiatan berbahaya yang bisa menyebabkan gumpalan darah menuju ke paru-paru apabila pasien Covid-19 sudah mengalami pembekuan darah.

Melemahkan daya tahan tubuh

Berbeda pada saat kondisi sehat, olahraga saat terjangkit Covid-19 perlu dihindari karena akan menurunkan daya tahan tubuh yang kamu miliki. Selama terpapar Covid-19, kamu perlu beristirahat secara optimal. Hal ini dilakukan untuk membantu melawan infeksi virus corona lebih maksimal.

Rachel Volkl, ahli terapis fisik di Rush University Medical Center di Chicago, olahraga berintensitas tinggi dan berat saat sakit membuat respon kekebalan tubuh menjadi lebih buruk sehingga pemulihan akan lebih lama.

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Disarankan, kamu tetap melakukan aktivitas ringan selama isolasi mandiri di rumah, seperti jalan-jalan dalam rumah, membuat makanan atau minuman favorit, dan mandi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kegiatan ringan dapat membantu kamu dalam mempertahankan kekuatan otot. Kegiatan ringan juga membuat paru-paru lebih aktif dibandingkan hanya berbaring selama isoman.

Baca juga: Olahraga yang Tepat Bagi Penyintas Covid-19

Referensi:

  • Halodoc.com. Diakses pada 2021. 3 Alasan Perlu Membatasi Olahraga Saat Alami Covid-19
  • Livestrong. Diakses pada 2021. Can You Exercise With COVID?
  • Insider. Diakses pada 2021. People With COVID-19 Should Avoid Exercise, Even If They Don’t Have Symptoms, Experts Say.
spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Tips Memiliki Mental Baja Agar Menjadi Pebisnis Sukses

Mengawali bisnis pasti ada saja tantangan dan kesulitan yang kamu alami. Terkadang rasanya ingin menyerah saja, tetapi tentunya tidak...

Sicepat Ekspres Berikan Bantuan Perahu Karet ke BPBD Kabupaten Bekasi Untuk Antisipasi Bencana Banjir

SiCepat Ekspres melalui kegiatan CSR SiCepat Peduli menyalurkan bantuan berupa perahu karet ke BPBD Kabupaten Bekasi pada hari Jumat, 8 Oktober...

PeduliLindungi kini dapat diakses melalui Chatbot WhatsApp

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dibuat pemerintah dengan tujuan membantu pelacakan dalam menghentikan penyebaran Covid-19. Aplikasi ini memerlukan peran masyarakat...

Populer Artikel