Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hobi Menyulam Untuk Menghilangkan Bosan

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rasa bosan kerap muncul ketika kita sedang tidak melakukan kegiatan. Terlebih lagi kini PPKM Darurat diperpanjang dan mengharuskan kita berdiam di rumah. Sebagian orang mungkin memiliki hobi yang dapat dilakukan ketika bosan. Salah satu hobi yang dapat mengobati rasa bosan adalah menyulam. 

Jika kamu menginginkan kegiatan yang menenangkan, tidak harus menguras banyak tenaga, dan tidak menggunakan banyak gerakan, namun dapat menghilangkan rasa bosan, kamu dapat melakukan kegiatan menyulam. 

Menyulam merupakan kegiatan membuat gambar pada kain dengan menggunakan teknik menjahit. Menyulam juga dapat disebut juga sebagai membordir. Namun, membordir lebih dikenal menggunakan teknik menjahit dengan mesin, sedangkan menyulam menggunakan jarum dan benang dengan cara manual, menggunakan tangan. 

Maka dari itu, menyulam lebih leluasa untuk dikreasikan daripada membordir. Kamu dapat membuat banyak jenis pola atau tusukan yang beragam sesui dengan kreativitas kamu. Berikut beberapa tips untuk kamu yang ingin mencoba hobi menyulam. 

Menentukan pola 

Photo by cottonbro from Pexels

Tentukan pola yang kamu inginkan. Pola akan menentukan tingkat kesulitan teknik tusukan yang akan kamu lakukan nantinya ketika menyulam. Pola juga merupakan penentu dari kenis kain dan embroidery hoop yang akan kamu gunakan. Kamu dapat mencari informasi dari internet untuk rekomendasi pola bagi pemula, serta tusukan-tusukan yang akan digunakan. 

Kain 

Photo by Mike van Schoonderwalt from Pexels

Kain merupakan dasar dari sulaman yang akan kamu buat. Kain apapun dapat kamu pakai menjadi bahan dasar sulaman, tetapi hasilnya akan berbeda-beda. Kain linen dan katun adalah kain terbaik untuk menyulam. Selain itu, kamu juga dapat mencoba bahan lainnya, seperti kanvas dan blacu. Cobalah sulaman sederhana dengan kain yang berbeda, lalu tentukan mana bahan yang paling membuat kamu nyaman. 

Benang 

Photo by cottonbro from Pexels

Benang adalah poin utama dalam menyulam. Perannya memberikan warna dengan pola-pola cantik. Gunakanlah benang khusus untuk menyulam dengan kualitas terbaik agar lebih memudahkan kamu ketika mengerjakannya dan hasilnya pun akan lebih rapi. Sesuaikan warna benang dengan pola yang kamu pilih. 

Jarum 

https://www.pexels.com/photo/brass-needle-through-red-cloth-button-39548/

Kamu dapat memilih jarum sulam sesuai dengan kebutuhan karena ada pola-pola tertentu yang menganjurkan untuk menggunakan jarum dengan ukuran yang berbeda. Kamu dapat menggunakan jarum Crewel atau Sharp yang direkomendasikan oleh Bordirpro. Jarum-jarum yang direkomendasikan memiliki bagian ujung jarum yang halus, tajam, dan memiliki lubang kecil sehingga dapat membuat hasil sulaman yang apik. 

Embroidery hoop 

Photo by Lexi T on Unsplash

Kamu membutuhkan embroidery hoop untuk mempermudah proses menyulam. Semakin besar pola yang ingin kamu sulam, maka semakin besar pula embroidery hoop yang harus digunakan. 

Gunting 

https://www.pexels.com/photo/fabric-scissors-needle-needles-scissors-461035/

Gunakan gunting yang sesuai dengan ukuran dan fungsinya. Hal ini cukup sepele, namun membantu kamu dalam proses menyulam. 

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel