Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    Ini Dia Cara Membersihkan Jok Mobil Berbahan Kain

    Tak hanya mesin mobil yang harus dirawat agar performanya tetap prima, bagian dalam mobil seperti jok juga perlu dirawat lho agar tetap terlihat seperti baru. Jok mobil menjadi salah satu bagian dari interior yang harus diperhatikan kondisinya. Jika dibiarkan kotor, hal itu bisa saja membuat tampilan mobilmu kusam dan kotoran akan semakin sulit dibersihkan.

    Jok mobil sendiri terbuat dari beberapa bahan material yang berbeda, Beda material, beda pula cara membersihkan dan merawatnya. Untuk mobil dengan jok berbahan kain, memang terkenal lebih sulit dibersihkan. Sebab, kotoran yang menempel di bahan kain cenderung menempel dan menjadi noda. Namun jangan khawatir, kotoran yang menempel di jok berbahan kain tetap bisa dibersihkan kok! Yuk simak tips berikut untuk bisa membersihkan kotoran di jok mobil berbahan kain!

    Siapkan perlengkapan untuk membersihkan

    sumber: broomesteam.com

    Makanan atau minuman yang kita bawa ke dalam mobil kadang menjadi sumber masalah yang bisa menyebabkan jok mobil menjadi kotor. Apalagi jika makanan dan minuman tersebut bertekstur cair seperti kopi atau kuah makanan. Untuk membersihkannya, kamu memerlukan perlengkapan khusus lho! Siapkan vacuum cleaner, cairan pembersih, dan juga sikat. Untuk sikat, kamu bisa menggunakan sikat gigi bayi dengan permukaan bulu sikat yang lembut sehingga tidak merusak struktur jok mobil.

    Membersihkan dengan vacuum cleaner

    Sebelum membersihkan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkannya dengan vacuum cleaner. Hal ini supaya debu dan partikel kotoran lainnya bisa terangkat lebih dahulu. Selain itu, melakukan pembersihan dengan vacuum cleaner ini harus dilakukan sebagai step pertama pembersihan. Tujuannya, agar kotoran dan debu tidak semakin menempel di jok mobil saat diberikan cairan pembersih.

    Menggunakan cairan pembersih dan sikat

    sumber: cermati.com

    Cairan yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan jok mobil ada beberapa jenis, mulai dari pembersih khusus hingga deterjen. Jika kamu tidak memiliki cairan pembersih khusus jok mobil, gunakanlah campuran deterjen dengan air sebagai pembersih. Jika sudah, kamu bisa mengoleskan atau menyemprot cairan pembersih tersebut ke jok yang kotor. Setelah itu, gosoklah dengan sikat secara perlahan dengan alur searah agar struktur kain jok tidak rusak ya!

    Lakukan secara berulang

    Menghilangkan kotoran pada jok mobil berbahan kain bukanlah hal yang mudah. Perlu kesabaran dan waktu yang lama ya! Lakukan langkah pembersihan secara berulang dan secara perlahan agar noda kotoran bisa menghilang sempurna.

    Baca juga Hal Ini Bisa Terjadi Pada Kendaraan Jika Jarang Digunakan

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here