Tuesday, January 18, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ini Dia Cara Rawat Kain Satin Agar Awet

Must Read

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Siapa yang tidak tahu kain satin? Kain ini sudah menjadi bahan favorit pada dunia fashion untuk dijadikan sebagai pakaian khususnya pakaian wanita. Kain satin memiliki keunikan tersendiri mulai dari tekstur permukaan bahan sangat halus, lembut, hingga terlihat glossy.

Namun, tidak banyak yang tahu jika merawat kain satin membutuhkan cara yang berbeda dan tidak sembarangan. Supaya pakaian kamu tetap awet, yuk simak 5 cara merawat kain satin di bawah ini:

  1. Hindari Mencuci Kain dengan Mesin Cuci

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tidak mencuci kain dengan mesin cuci karena pakaian perlahan akan rusak dan terurai. Kamu bisa mencuci dengan cara direndam terlebih dahulu kemudian lanjut pada tahap mencuci.

Untuk mencuci bahan satin, usahakan agar mencuci dengan tangan secara perlahan dan lembut agar permukaan bahan tidak rusak. Hal ini dilakukan karena bahan satin memiliki tekstur lembut dan mudah rusak.

2. Mencuci dengan Detergen Cair

Selain mencuci secara perlahan, pemilihan detergen untuk kain satin juga penting. Kamu bisa rendam kain dengan detergen khusus untuk melembutkan pakaian. Hal ini bisa menjaga kualitas bahan agar tidak rusak akibat cairan detergen yang berbahan keras.

Baca juga: Tips Menyimpan dan Merawat Kain Batik

3. Tidak Mencampur dengan Pakaian Berbahan Lain

Tahap selanjutnya dalam merawat kain satin adalah memisah kain dengan pakaian berbahan lain. Hal ini dilakukan agar kain tidak tergesek dengan bahan lain sehingga merusak tekstur permukaan bahan. Agar lebih efisien, kamu bisa mengelompokkan antara bahan satin dan lainnya sebelum mencuci.

4. Menyetrika dengan Suhu Sedang

Photo by Immo Wegmann on Unsplash

Setelah lengkap mengikuti panduan mencuci kain satin dengan benar, kamu bisa mulai menyetrika pakaian dengan suhu sedang untuk menjaga serat pakaian dan dilapisi dengan kain tipis terlebih dahulu. Hindari menggunakan suhu panas karena akan merusak pakaian.

5. Menyimpan Pakaian di Tempat yang Sejuk

Pakaianmu sudah disetrika? Ini saatnya kamu menyimpan di tempat yang baik. Untuk menjaga kualitas pakaian, kamu bisa menyimpan pakaian di tempat yang sejuk dan tidak lembab. Sebelum menyimpan, usahakan untuk mengukur suhu lemari pakaian agar meminimalisir resiko munculnya jamur pada pakaian.

Itu di langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kain satin agar tetap awet. Yuk mulai rawat kain satinmu!

Baca juga: Meriahkan Natal dengan Inspirasi Outfit Ini!

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Tips Travel Hemat pakai Poin GRES

Halo, Sahabat Sicepat! Kamu seorang traveler dan suka mencari harga hemat untuk transportasi saat travel nanti? Sekarang kamu bisa...

Tempat Makan Hits di Kemang, Aesthetic a la Jaksel

Siapa yang tidak tahu Kemang? Salah satu wilayah di Jakarta Selatan ini sudah menjadi tolak ukur anak muda untuk...

Tanaman Hoki untuk Rumah Menurut Feng Shui

Pandemi Covid-19 semakin meningkatkan tren tanaman hias semakin meningkat. Aktivitas ini tentunya dilakukan masyarakat untuk dapat tetap beraktivitas meskipun...

Populer Artikel