Friday, July 1, 2022
31.1 C
Jakarta
More

    Ini Dia Cara Rawat Kain Satin Agar Awet

    Siapa yang tidak tahu kain satin? Kain ini sudah menjadi bahan favorit pada dunia fashion untuk dijadikan sebagai pakaian khususnya pakaian wanita. Kain satin memiliki keunikan tersendiri mulai dari tekstur permukaan bahan sangat halus, lembut, hingga terlihat glossy.

    Namun, tidak banyak yang tahu jika merawat kain satin membutuhkan cara yang berbeda dan tidak sembarangan. Supaya pakaian kamu tetap awet, yuk simak 5 cara merawat kain satin di bawah ini:

    1. Hindari Mencuci Kain dengan Mesin Cuci

    Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tidak mencuci kain dengan mesin cuci karena pakaian perlahan akan rusak dan terurai. Kamu bisa mencuci dengan cara direndam terlebih dahulu kemudian lanjut pada tahap mencuci.

    Untuk mencuci bahan satin, usahakan agar mencuci dengan tangan secara perlahan dan lembut agar permukaan bahan tidak rusak. Hal ini dilakukan karena bahan satin memiliki tekstur lembut dan mudah rusak.

    2. Mencuci dengan Detergen Cair

    Selain mencuci secara perlahan, pemilihan detergen untuk kain satin juga penting. Kamu bisa rendam kain dengan detergen khusus untuk melembutkan pakaian. Hal ini bisa menjaga kualitas bahan agar tidak rusak akibat cairan detergen yang berbahan keras.

    Baca juga: Tips Menyimpan dan Merawat Kain Batik

    3. Tidak Mencampur dengan Pakaian Berbahan Lain

    Tahap selanjutnya dalam merawat kain satin adalah memisah kain dengan pakaian berbahan lain. Hal ini dilakukan agar kain tidak tergesek dengan bahan lain sehingga merusak tekstur permukaan bahan. Agar lebih efisien, kamu bisa mengelompokkan antara bahan satin dan lainnya sebelum mencuci.

    4. Menyetrika dengan Suhu Sedang

    Photo by Immo Wegmann on Unsplash

    Setelah lengkap mengikuti panduan mencuci kain satin dengan benar, kamu bisa mulai menyetrika pakaian dengan suhu sedang untuk menjaga serat pakaian dan dilapisi dengan kain tipis terlebih dahulu. Hindari menggunakan suhu panas karena akan merusak pakaian.

    5. Menyimpan Pakaian di Tempat yang Sejuk

    Pakaianmu sudah disetrika? Ini saatnya kamu menyimpan di tempat yang baik. Untuk menjaga kualitas pakaian, kamu bisa menyimpan pakaian di tempat yang sejuk dan tidak lembab. Sebelum menyimpan, usahakan untuk mengukur suhu lemari pakaian agar meminimalisir resiko munculnya jamur pada pakaian.

    Itu di langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kain satin agar tetap awet. Yuk mulai rawat kain satinmu!

    Baca juga: Meriahkan Natal dengan Inspirasi Outfit Ini!

    Bella Rifanda
    Bella Rifanda
    Working as a Content Writer at SiCepat Ekspres. Food enthusiast.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here