Wednesday, December 7, 2022
32 C
Jakarta
More

    Instagram Rilis Fitur Baru “Guides” dan Kontrol Komentar

    Kamu pasti sudah tak asing lagi bukan dengan media sosial Instagram? Yap! Instagram hingga kini masih menjadi media sosial favorit yang digunakan sebagian besar masyarakat Indonesia. Berbagai video viral menyebar dengan sangat mudah melalui instagram. Instagram sebagai salah satu media sosial tentu memiliki berbagai fitur yang memudahkan para penggunanya untuk bisa saling bertukar informasi.

    Baru-baru ini, instagram meluncurkan fitur terbarunya, yakni “Guides”. Fitur guides ini bertujuan untuk menciptakan atmosfer yang lebih positif bagi para pengguna instagram, terutama dalam hal memerangi perundungan online atau cyber bullying. Melalui fitur guides ini, para konten kreator bisa mengkurasi konten-konten dengan topik tertentu dan bisa ditemukan dengan mudah oleh para pengguna.

    Di awal peluncurannya, fitur guides ini sangat fokus kepada isu kesehatan mental di tengah pandemic covid-19 yang sedang melanda berbagai negara di penjuru dunia. Di Indonesia sendiri, instagram menjalin kerjasama dengan salah satu startup yang berfokus pada isu kesehatan mental untuk memperkenalkan fitur guides ini dengan mengangkat semangat anti bullying. Namun, fitur ini belum bisa digunakan oleh semua pengguna, melainkan baru beberapa pengguna tertentu saja yang telah bekerjasama dengan pihak Instagram.

    Bagi pengguna yang telah bekerja sama dengan Instagram untuk bisa menggunakan fitur guides ini, mereka akan bisa membagikan konten-konten seputar kesehatan mental yang akan dibagikan melalui fitur guides pada para pengikutnya. Fitur guides ini terletak di posisi yang sama dengan ikon fitur IGTV. Fitur guides ini juga akan muncul di tab Explore.

    Salah satu public figure Indonesia yang telah mengaktifkan fitur ini adalah Ariel Tatum. Jika kamu membuka profile instagram Ariel Tatum (@arieltatum) kamu akan melihat ikon bergambar buku (instagram guides) yang berisi konten-konten yang telah dibuat oleh mantan aktris cilik tersebut sebagai motivasi bagi para korban bullying.

    Selain meluncurkan fitur baru berupa “Guides”, Instagra juga meluncurkan satu fitur baru yakni mengontrol komentar. Dalam fitur ini, pengguna dapat menghapus komentar dalam jumlah yang banyak sekaligus. Fitur ini telah dirilis secara global beberapa waktu lalu dan memungkinkan pengguna untuk menghapus hingga 25 komentar negative sekaligus dengan memanfaatkan fitur Manage Comments.

    Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa mengetuk ikon tiga titik yang ada di sebelah kanan atas, lalu pilih komentar negative yang ingin dihapus secara bersamaan. Selain menghapus komentar negative dalam jumlah banyak sekaligus, fitur Manage Comments ini juga memungkinkan pengguna untuk menyematkan komentar favorit dengan memanfaatkan ikon pin komentar. Sehingga, komentar favoritmu bisa berada di daftar paling atas di kolom komentar. Menarik bukan?

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here