Saturday, January 28, 2023
23.9 C
Jakarta
More

    Jaga Kebugaran dengan Olahraga yang Cocok Dilakukan Setelah Bekerja

    Kesibukan kerja seringkali menjadi alasan untuk kamu tidak berolahraga. Seharian berkutat dengan pekerjaan, bertemu dengan klien, dan segudang kegiatan padat lainnya, tentu hal pertama yang ingin kamu lakukan usai bekerja adalah beristirahat. Tak jarang kondisi tersebut menjadi alasan kamu untuk tidak olahraga. 

    Padahal, olahraga memberikan sejumlah manfaat yang menjanjikan untuk membantu Anda menjalani aktivitas seharian. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan sepulang kerja di berbagai tempat. Olahraga yang cocok dilakukan setelah bekerja perlu diterapkan secara rutin setiap harinya. 

    Sebab, ada beberapa olahraga ringan yang dapat kamu lakukan seusai bekerja, agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Penasaran apa saja? Yuk simak informasinya di sini!

    Berlari

    Photo by Rosemary Ketchum from Pexels.

    Lari dapat menjadi pilihan olahraga setelah bekerja yang dapat kamu lakukan. Berlari selama 30 menit, baik di atas treadmill atau outdoor, merupakan salah satu jenis olahraga paling sederhana yang dapat dilakukan di mana saja. Aktivitas fisik yang satu ini dapat melepaskan stres setelah bekerja sepanjang hari, mencegah penuaan, meningkatkan kepadatan tulang, dan membantu menurunkan berat badan.

    Berjalan Cepat

    Photo by Jeffrey Grospe from  Unsplash.

    Berjalan kaki dengan cepat sangatlah ideal terutama bagi kamu yang tidak kuat berlari akibat kelelahan usai bekerja. Olahraga ringan seperti berjalan kaki lebih cepat diyakini dapat membakar lebih banyak kalori setiap jamnya.  Di samping itu, berjalan kaki secara cepat juga sangat dianjurkan bagi kamu yang memiliki berat badan berlebih, sedang hamil, hingga sedang menderita nyeri kronis sehingga tak dapat berolahraga berat.

    Baca juga: Sederet Olahraga Ringan Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Puasa

    Naik Turun Tangga

    Photo by Mart  Production from Pexels.

    Jenis olahraga berikutnya yang cukup simpel dan bisa dilakukan sepulang kerja adalah naik-turun tangga. Jika rumahmu memang terdiri lebih dari satu lantai, memanfaatkan tangga sebagai sarana berolahraga yang efektif. Kamu juga bisa memanfaatkan tangga di kantor maupun pusat perbelanjaan daripada harus memilih untuk menaiki lift. Dengan naik turun tangga, kamu bisa membakar 2 kalori per menit.

    Chair Dips

    Photo by Anna Shvets from Pexels.

    Olahraga ringan di kantor ini menitikberatkan pada otot-otot bahu, trisep, dan paha. Posisikan kaki di depan, lalu letakkan tangan pada tepi kursi atau meja (badan mengarah arah berlawan). Kemudian, angkat tubuh ke bawah dan ke atas. Untuk hasil yang maksimal, lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali repetisi.

    Baca juga: HIIT Training, Olahraga Efektif untuk Bakar Lemak Perut

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here